TIM PEMDES PANJI TANAM BIBIT CEMPAKA di HUTAN PUNCAK LANDEP

Administrator 28 Maret 2024 11:37:49 WITA

Tim Pemerintah Desa (Pemdes) Panji Kecamatan Sukasada, Kamis (28/3/2024) melaksanakan kerja bakti di kawasan hutan Puncak Landep. Kerja bakti ini juga diisi dengan menanam bibit Pohon Cepaka dan Majegau di lereng hutan yang dikenal sebagai hulunya Desa Panji tersebut.

Kerja bakti ini diikuti para Kelian Banjar Dinas (KBD), Kepala Seksi (Kasi) dan Kepala Urusan (Kaur) di lingkungan Desa Panji. 

Sekretaris Desa (Sekdes) Komang Nastika mewakili Perbekel Panji Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par.M.B.A.,. mengatakan, pemdes sejauh ini telah menyelesaikan penataan di kawasan hutan Puncak Landep. Penataan ini dilakukan setelah pemdes menerima kucuran dana Corporate Social Responsibility (CSR) BRI tahun 2023. Dengan dana tersebut, pemdes bersama Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) bersama kelompok masyarakat kemudian melakukan penataan. "Penataan sudah selesai, dan tinggal menunggu upacara " Ngurip-Nguripin" dalam waktu dekat ini," katanya.

Menurut Sekdes Nastika, setelah penataan ini, kawasan Puncak Landep dijadikan kawasan wisata alam yang mengandalkan aura relegius yang kental. Di samping itu, kawasan ini juga menjadi ruang edukasi lingkungan hutan sebagai penyangga resapanan air bagi warga Desa Panji dan irigasi pertanian. "Sesuai konsep awal di kawasan ini sebagai kawasan wisata alam yang dikombinasikan dengan wisata edukasi lingkungan hutan sebagai penyangga air untuk pertanian di desa kami,".tegasnya.

Terkait penanaman, Sekdes Nastika menyebut, bibit Cempaka dan Majegau ini juga bagian dari tahapan penataan yang sudah dilakukan. Penanaman ini juga untuk menambah cakupan vegetasi tanaman, sehingga kawasan hutan akan tetap lestari dan terhindari dari kemungkinan terjadinya bencana alam. Setelah penataan dan penanan bibit pohon, pemdes bersama LPHD akan tetap pada komitmenya untuk melakukan pengawasan kawasan hutan. (humas pemdes panji)

Komentar atas TIM PEMDES PANJI TANAM BIBIT CEMPAKA di HUTAN PUNCAK LANDEP

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar