Sejarah Desa

31 Januari 2017 19:18:39 WITA

            Secara umum bahwa sejarah cikal bakal Desa Panji berawal dari zaman pemerintahan Dalem Segening di Kerajaan Klungkung, Bahwa pada masa itu raja Dalem Segening telah melakukan hubungan gelap dengan seorang selirnya yang benama Ni Luh Pasek yang konon dia ( Ni Luh Pasek ) berasal dari wilayah Bali Utara ( sekarang Buleleng ),Dari hasil hubungannya tersebut lahirlah seorang sentana ( anak ) yang diberi nama I Gusti Gede Pasekan (Ki Barak).

            Sebagaimana legenda yang masih dipercaya sampai saat ini, bahwa pada saat kelahirannya ( I GUsti Gede Pasekan ) menunjukan ciri-ciri yang sangat menonjol yakni pada saat Ki Barak tidur,sang raja melihar cahaya yang memancar dari ubun-ubun ( pabaan ) Ki Barak. Melihat pertanda tsb akhirnya sang raja memanggil penasehat istana serta menanyakan tentang apa arti pertanda tsb. Akhirnya menurut pengamatan spiritualnya, penasehat istana mengatakan bahwa kelak dia ( Ki Barak ) akan menjadi orang yang berpengaruh dan berkuasa di jagat ini. Rupa-rupanya hal ini menimbulkan keresahan dalam hati sang raja tentang keutuhan kerajaan di kemudian hari.

            Akhirnya atas saran dari penasehat istana,maka raja Dalem Segening memutuskan untuk mengirim Ki Barak ke Bali Utara, disamping untuk menghindari perpecahan di dalam kerajaan keputusan ini juga sebagai sebuah tindakan politis dalam perluasan kekuasaan nantinya. Sehingga pada saat Ki Barak genap berumur 15 tahun kemudian raja Dalem Segening memerintahkan Ki Barak untuk pergi ke Bali Utara. Hingga pada akhirnya dia sampai dan menetap di Desa Panji.

            Pada saat dia sampai di Desa Panji,di Desa Panji sudah berdiri sebuah kerajaan kecil yang diperintah oleh seorang raja yang sangat bengis yang bernama Ki Pungakan Gendis. Sebuah momen yang sangat penting dalam perjalan sejarah Desa Panji adalah adanya sebuah sayembara besar untuk menolong sebuah kapal laut besar milik seorang pengusaha dari cina yang karam di Segara Penimbangan. "Barang siapa yang dapat mengembalikan/mendorong kapal tsb ke tengah laut, maka semua isi kapal tsb akan dihadiahkan kepadanya." Masyarakat berbondong-bondong untuk mengikuti sayembara tsb namun tidak ada yang berhasil termasuk Ki Pungakan Gendis. Akhirnya Ki Barak pun ikut dalam sayembara tsb,dengan kemampuan gaib sebilah keris yang dibawanya dia mengacungkan tangannya kearah kapal tsb,dan perlahan-lahan kapal tsb bergerak ketengah, seketika itu masyarakat yang menyaksikan bersorak mengelukan-elukan Ki Barak dan pedagang cina itu pun memberikan semua isi kapalnya yang berupa emas,berlian,kain,beras dan lain sebagainya sehingga membuat Ki barak menjadi kaya-raya.

Melihat prestasi gemilang serta dukungan rakyat yang semakin besar terhadap Ki Barak, maka Ki Pungakan Gendis kian murka hingga pada akhirnya memutuskan untuk melakukan peperangan dengan Ki Barak dan akhirnya Ki Pungakan Gendis tewas dan peperangan dimenangkan oleh Ki Barak. Dengan gugurnya raja Pungakan Gendis itu,maka mulai lah era pemerintahan baru di bawah kekuasaan I Gusti Gede Pasekan Yang kemudian dikenal sebagai I Gusti Ngurah Panji Sakti yang setelah dinobatkan menjadi raja bergelar Anglurah Ki Barak Panji Sakti.

            Dibawah bendera kerajaan Anglurah Ki Barak Panji kepentingan rakyat diprioritaskan,serta didukung dengan pola tata pemerintahan yang baik sehingga dia benar-benar mendapat tempat di hati rakyatnya, berwibawa, arif dan bijaksana. Selama pemerintahannya,dia pun secara terus menerus mengembangkan daerah kekuasaanya hingga pada akhirnya seluruh wilayah bali Utara ( Buleleng ) dikuasainya. Belum merasa puas dengan kekusaannya di Bali Utara, Ki Barak terobsesi untuk melakukan perluasan kekuasaan sampai ke Pulau jawa. Beberapa wilayah di pulau jawa yang berhasil di taklukan adalah wilayah Blangbangan yang di pimpin oleh raja yang bernama Ki Pasung Gerigis.

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar