BUMDes PANJI

31 Januari 2017 19:24:39 WITA

            Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini terutama bertujuan untuk peningkatan kesejahteran ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi mereka. Disamping itu, keberadaan BUMDesa juga memberikan sumbangan bagi peningkatan sumber pendapatan asli desa yang memungkinkan desa mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal.

            Pada tahun 2010 sempat di dirikannya BUMDES di desa panji,tetapi dalam pejalanannya tidak berjalan mulus. Tidak ada usaha yang dijalankan karena kurangnya perencanaan dari awal dibentuknya. Keadaan BUMDES hanya menjadi wadah yang tidak bisa jalan sesuai komitment awal di bentuknya dan telah terjadi pergantian pengurus sebanyak dua kali. Di tahun 2016 adanya komitment dan semangat baru dari pemerintah desa untuk membentuk kembali BUMDesa dengan perencanaan yang lebih matang.

            Memperhatikan beberapa hal tersebut diatas, maka Desa Panji pada tanggal 16 Desember 2016 mendirikan Badan Usaha Milik Desa atau yang sering disebut BUMDesa dan di beri nama “BHUANA UTAMA”. Dengan didirikannya BUMDesa “Bhuana Utama” tersebut kedepannya diharapkan mampu memanfaatkan potensi dan aset desa untuk membangun kesejahteraan warga desa Panji, karena bukan lagi program ‘topdown’ atau paket program dari pemerintah daerah atau pusat, melainkan pembangunan desa yang digerakkan oleh kekuatan warga.

            Pada awal pendiriannya BUMDesa “Bhuana Utama” bermodalkan dari Penyertaan Dana Desa sebesar Rp 50.000.000,00 ,Bantuan Kemendes sebesar Rp 50.000.000,00 , dan hibah dari Pemerintah desa yang awalnya dikelola oleh BPAB yang berupa aset dan kas sebesar Rp 360.000.000,00. Dengan modal awal ini diharapkan BUMDesa mampu berkembang dan bisa memberikan kontribusi ke desa. Kurang maksimalnya pengelolaan Air Bersih sehingga menyisakan banyak masalah yang harus di selesaikan. Dari banyaknya tunggakan pelanggan dari jumlah pelanggan 3.200 pelanggan yang menunggak 2.800, pengecekan yang tidak dijalankan maksimal, jaringan pipa yang sudah lama dan harus di perbaharui karena sudah keropos dan banyak lagi masalah yang ada. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi BUMDesa untuk bisa memberikan aspek management yang baik dan professional sekaligus bisa memberikan kontribusi ke desa lebih besar.

 

 

UNIT USAHA BUMDesa PANJI

 

Berikut adalah unit usaha dari BUMDesa Panji

        CLICK IN HERE

 

 

STRUKTUR ORGANISASI BUMDesa PANJI

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar