LOMBA KEBERISHAN LINGKUNGAN LAGI PEMDES PANJI REBUT JUARA PERTAMA

Administrator 21 Agustus 2023 10:50:56 WITA

Komitmen jajaran Pemeirntah Desa (Pemdes) Panji Kecamatan Sukasada menjaga kebersihan dan lingkungan kantor perbekel, nampaknya tak diragukan lagi. Buktinya, kemauan dan kerja keras dalam menjaga lingkungan bersih dan asri, mengukuhkan Pemdes Panji kembali berhasil merebut juara pertama dalam lomba kebersihan lingkungan instsnasi pemerintah tingkat Kecamatan Sukasada. Prestasi yang direbut kali ini adalah yang keduakalinya bertepatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 78 tahun 2023.
Perbekel Desa Panji, Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par., M.B.A Senin (21/8/2023) mengatakan, lomba yang digulirkan Pemerintah Kecamatan Sukasada dengan mengambil momentum perayan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia adalah kesempatan untuk memantik semangat dan komitmen jajaran pemdes untuk menjaga kebersihan lingkungan kantor. Komitmen yang dilakukan para pemdes itu sendiri menjadi sorituladan kepada lembaga terkait di lingkungan desa untuk melakukan hal yang sama.
Berkat kerja keras yang dilakukan beberapa tahun terakhir ini, rupanya mulai membuahkan hasil. Kebijakan yang selama ini dijalankan adalah melaksanakan kebersishan lingkungan kantor rutin setiap hari Jumat setiap minggu. Selain menyasar lingkungan kantor perbekel, juga menyasar tempat-tempat umum termasuk di kawasan wisata yang telah dirintis Pemdes Panji bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan tokoh masyarakat terkait.
Program lain yang dijalankan adalah, “Jumat Menanam”. Di mana program ini bukan saja untuk menanam bibit pohon, namun dengan kebijakan ini mengajak warga secara menyelurh untuk sadar menjaga kelestarian kawasan baik itu hutan lindung dan hutan produksi, sehingga berfungsi dengan baik sebagai penyangga resapan air. “Saya kira prestasi ini adalah kerja keras kita bersama dalam menjabarkan kebijakan ini, sehingga bagaimana lembaga terkait di desa seperti koperasi, Lembaga Perkreditan Desa (LPD), dan lembaga lain menjaga kebersihan lingkungan dengan baik,” katanya.
Di sisi lain, Perbekel Mangku Ariawan mengingatkan, bagaimana prestasi yang telah dicapai tahun ini senantiasa dipertahankan. Bahkan, kedepan pihkanya mentargetkan capaian prestasi ini bisa ditingkatkan, sehingga tak saja mampu bersaing di kecamatan, tetapi bisa berprestasi ditingkat yang lebih tinggi. “Menjadi juara pertama itu sudah suslit, namun mempertahankan prestasi yang sudah dicapai itu jauh lebih susah, sehingga bagaimana apa yang sudah kita capai sekarang senantiasa bisa dipertahankan untuk yang lebih baik lagi, sejalan dengan visi misi dan konsep “saling gisi” dalam menjalankan roda pemeirntahan di Desa Panji,” jelasnya. (humas pemdes panji)

Komentar atas LOMBA KEBERISHAN LINGKUNGAN LAGI PEMDES PANJI REBUT JUARA PERTAMA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar