UPACARA HUT PROKLAMASI KEMERDEKAAN KE- 78 di DESA PANJI BERLANGSUNG KHIDMAT

Administrator 17 Agustus 2023 14:18:50 WITA

Pemerintah Desa (Pemdes) Panji Kecamatan Sukasada melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 78, tahun 2023, Kamis (17/8/2023). Upacara dipusatkan di lapangan Ki. Barak Panji Sakti diikuti personel Hansip, pelajar SD, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tim Penggerak (TP) PKK, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, pengurus PORPI , Badan Ussaha Milik Desa (BUMDes), dan para undangan lain.

Perbekel Desa Panji, Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par., M.B.A menjadi pembina upacara. Rangkaian upacara berlangsung dengan suasana khususk dan khidmat. Ini tidak lepas karena apel ini mengenang hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia yang menyatakan kemerdekaanya tepat pada 17 Agustus.

Tak pelak, saat pengibaran Sang Merah Putih oleh petugas pengibar bendera (Paskibra) diselimuti suasana yang beigutu khsusuk. Semua peserta bahkan pengendara yang melintas pun berhenti untuk turut melakukan penghormatan terhadap Lambang Negara Indonesia. Bahkan, pada saat moment pembacaan teks Proklamasi juga diwarnai dengan suasana khidmat dan terharu.

Perbekel Desa Panji Made Ariawan saat menyampaikan amanatnya mengajak, peringatan 17 Agustus setiap tahun adalah momentum penting sebagai generasi penerus untuk mengenang dan menghayati semua nilai perjuangan Pahlawan yang telah mewariskan Kemerdekaan Bangsa. Untuk itu, dalam mengisi Kemerdekaan itu sendiri, pihkanya mengajak kepada jajaran pemdes, BPD, LPM, Karang Taruna, dan komponen masyarakat di Desa Panji untuk tetap kompak dalam mewujudkan visi misi pembangunan dengan konsep “Saling Gisi” yang diwariskan pada masa keranaan Buleleng Ki Barak Panji Sakti. ‘Saya mengajak, bagaimana perayaan ini (17 Agusstus) menjadi momentum untuk mengenang, menghayati, dan mengisis kemerdekaan yang diwarisskan oleh para Pahlawan melalui kebijakan pembangunan di dessa ssesuai visi misi dan konsep “Saling Gisi”, yang juga menjadi warisan Ida Bhatara Raja Buleleng Ki. Barak Panji Sakti,” tegasnya.

Di sisi lain, Perbekel Ariawan menyebut, kebijakan yang telah dijalankan dalam membangun dengan selaras dengan kebijakan yang digulirkan pemerintah yang lebih tinggi. Selain itu, tobosan telah digulirkan dan bahkan telah berhasil memberi manfaat untuk masyarakat dan kemajuan pembangunan, ekonomi, pariwissata, seni, budaya, pendidikan, dan kesehatan. “Intinya bagaimana kebijakan dari yang lebih tinggi kami jadikan pedoman dalam membangun di desa dan juga kami juga melaksanakan tobosan lewat program dan itu telah memberi hasil positif, sebut saja pengembangan pariwisata, UKM, edukasi lingkungan, dan pengeloaan lembaga ekonomi yang berjalan, sehingga ekonomi bergerak dan kesejahtraan amsyarakat meningkat,” tegas mantan Anggota DPRD Buleleng ini.

Sementara itu, untuk mewarnai perayaan HUT Proklamasi Republik Indoensia tahun ini, Pemdes Panji melaksanakan lomba pembuatan konten video kreatif yang mengangkat potensi masing-masing banjar dinas (BD). Lomba yang barupertamakali digulirkan ini bekerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang juga baru terbentuk ditahun ini. Ada 8 konten video menjalani tahap penilaian oleh mahasiswa Universitas Udayana (UNUD) yang masih melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Panji. Seluruh karya para Kelian Dusun (KBD) bersama anggota KIM di wilayahnya itu kemudian di-uplaod ke jejaring media sosial (medsos) dan website desa. Dari lomba ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan pembuatan konten video untk profil Desa Panji. (humas pemdes panji)

 

Komentar atas UPACARA HUT PROKLAMASI KEMERDEKAAN KE- 78 di DESA PANJI BERLANGSUNG KHIDMAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar