SOSIALISASI PROGRAM DESA CERDAS TAHUN 2024

Administrator 07 Maret 2024 19:20:10 WITA

Desa Panji Kecamatan Sukasada mengikuti program Desa Cerdas tahun 2024. Program ini digulirkan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Untuk menjalankan program ini, Pemerintah Pusat menunjuk Duta Desa Cerdas sebagai tim pembina desa.

Sebelum prrogram Desa Cerdas berjalan, Kamis (7/3/2024) dilekasnakana sosialsiasi program Desa Cerdas Tahun 2024 di ruang rapat Badan Permusyawaratan (BPD) Panji. Sosialsiasi ini dibuka Perbekel Panji, Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T. Par.M.B.A.,. didampingi Sekretaris Desa (Sekdes) I Komang Nastika.

Tampil sebagai narasumber pada sosialsiasi ini Duta Desa Cerdas, Wilmar Shidick. Sementara, peserta sosialsiasi yaitu, unsur Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), kelian banjar dinas (KBD), dan para kepala seksi (kasi), dan kepala urusa (kaur) di lingkungan Desa Panji.

Perbekel Panji, MD Ariawan menyambut positif digulirkannya program desa cerdas di desanya. Ini karena, kebijakan pembangunan tingkat desa belakangan ini mulai berbasis digital. Ini seperti program, kebijakan dan pelayanan kepada masyarakat sekarang dijalankan dengan basis digitalsiasi. Untuk itu, kehadiran program Desa Cerdas ini diyakni akan melengkapi dan mengoptimalkan lagi jalanya roda pemerintahan desa dengan basis digitalisasi. “Kalau pemerintahan dan pelayanan dengan basis digital ini sudah berjalan beberapa tahun dan untuk kami di Panji pemanfaataan Teknologi Informasi (TI) sudah dilakukan sseperti aplikasi e-desaku untuk menopang menejemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) juga pelayanan surat menyurat dan dari sisi pengelolaan anggaran juga sudah berbasis digitalsiasi,” katanya.

Perbekel MD Ariawan menambahkan, pentingnya program Desa Cerdas ini penting didukung dengan sumsber daya manusia (SDM) dan anggaran. Untuk itu, SDM sendiri pihkanya telah menindaklanjuti dengan menerbitkan keputusan tentang pengangkatan Kader Desa Cerdas dan Tim Pengelola Kegiatan. Kemudian, dari sisi anggaran, Perbekel Ariawan berjanji pada pembahasan perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2024 ini akan mencoba untuk mendesain skema untuk alokasi anggaran, sehingga program ini tidak terputus, bisa berkelanjutan. “Sisi SDM sudah kami SK-kan sesuai ketentuan yang sudah dibuat oleh pelaksana prrogram ini dan nanti akan kami coba untuk menskemakan untuk alokasi anggaran melalui pos Dana Desa (DD),” tegansya.

Sementara itu, Duta Desa Cerdas, Wilmar Shidick mengatakan, amanat Peraturan Mentri Desa (Permendesa) No 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022 Pasal 6 ayat (2) yang menjelaskan kegiatan Desa Cerdas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu sektor prioritas dalam penggunaan dana desa yang diprioritaskan untuk dapat mendorong pencapaian SDGs Desa. Dimana, tujuan digulirkannya program Desa Cerdas adalah, terjadinya transformasi pemanfaatan teknologi dalam upaya mendorong peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis  pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.  

Setelah program ini dijalankan, sasaran yang nantinya ddiharapkan seperti, terjadi percepatan pembangunan ekonomi desa melalui pemanfaatan dan transformasi teknologi. Kemudian meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi. Mendorong pengelolaan sumberdaya alam desa yang bijak dan berkelanjutan

Meningkatnya kualitas layanan dan kemudahan akses kepada masyarakat. Selain itu, meningkatnya kualitas perencanaan pembangunan dan implementasi program pembangunan yang dilaksanaan oleh desa. “Desa Panji sudah menindaklanjuti program ini, dan setelah sosialisasi, kader bersama tim pengelola ini mulai melakukan tugasnya dengan menyusun proprosal dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan batas waktu program yang sudah ditetapkan,” jelansya. (humas pemdess panji)

Komentar atas SOSIALISASI PROGRAM DESA CERDAS TAHUN 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar