BUMDes Bhuana Utama Panji Gelar Pra Musdes Program Kerja Tahun 2024

Administrator 07 Maret 2024 15:53:25 WITA

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bhuana Utama Panji Kecamatan Sukasada melaksanakan pra musyaawarah desa (musdes) program kerja tahun 2024, Kamis (7/3/2024). Pra musdes ini dihadiri Perbekel Panji Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par. M.B.A.,. didampingi badan pengawas, dan Badan Permussyawaratan Desa (BPD). Sementara BUDes Bhuana Utama dihadiri Direkturnya Ketut Edy Susena.

Pada pra musdes ini, direktur Edy Susena mempresentasikan projram kerja (proker) dalam tahun 2024. Proker yang sudah diusun ini telebihdahulu dibahas secara internal kemudian ditetapkan pada forum musdes yang sebanrnya. Salah satu proker yang akan dijalankan adalah peningkatan kapasitas dan jangkauan pelayanan. Ini dilakukan dengan menambah investasis jaringan dengan aloakssi anggaran mencapai Rp 2,8 miliyar. Selain itu, pihkanya melaksanakan program kerja dalam peningkatan kinerja pada unit simpan pinjam (SP) dan unit pertokoan. “Jadi pra musdes ini kami melakssanakan pembahasan terkait proker yang disusun, dan masukan ssangat kami harapkan untuk penyempurnaan ssebelum nantinya proker kami ini ditetapkan lewat musdes yang sebenarnya,” katanya.

Sementara itu, Perbekel Panji Jro Mangku MD Ariawan menyambut positif digelarnya pra mussdes ini. Ini karena forum ini menjadi ruang untuk berkoordinais terkait proker agar mengikuti regulasi yaitu Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2021tentang BUMDes. Namun demikian, Perbekel Airwan menguuslkan agar direksi dalam ssetahun kedepan ini tetap meningkatkan disiplin menejemen usaha dan mengedepankan prinssip efisiensi anggaran. Di smaping itu, direkssi diingatkan untuk melayani kredit kepada penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tak saja kredit dalam bentuk dana, namun bissa juga kredit barang untuk pertokoan dan usaha warung di lingkungan Desa Panji. Kdepan, pihkanya juga mengususlkan perlu dilakukan penambahan mitra kerja BUMDes dengan mengandeng warung dan toko, dalam bentuk Pospy, dan otlet untuk penigkatan kualitas pembayaran rekening air bersih. “Kami menawarkan bagaimana kedepan BUMDes ini terus berkreassi dalam meningkatkan ssektor usaha, seprti untuk simpan pinjam kami dorong untuk memberi kredit untuk penggiat UMKM sehingga peregarakan ekonomi desa bisa menigkat,” katanya.

Sementara dari sisi pembagian keuntungan dalam bentuk Corporate Social Responssiblity (CSR), Perbekel Ariawan mengajak jajaran direksi untuk mengalokasikan anggaran mendukung program lingkungan dalam bentuk penanaman pihon baik di ssubar mata air yang kini dikelola dan juga hutan di kawassan Desa Panji.   

Pada pra mussdes ini juga mengemuka terkait perencanaan penambahan penyertaan modal dari Pemerintah Desa (Pamdes) Panji kepada BUMDes Bhuana Utama. Dari disksusi ini mengemuka, kalau pada tahun 2024 ini pemdes akan “menyuntik” modal untuk BUMDes sekitar Rp 100 juta. Anggaran ini sendiri rencnaanya akan dialokasikan pada perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024. (humas pemdes panji)

Komentar atas BUMDes Bhuana Utama Panji Gelar Pra Musdes Program Kerja Tahun 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar