MUSIM HUJAN, PEMDES PANJI ANTISIPASI SAMPAH KIRIMAN

Administrator 04 Maret 2024 19:28:45 WITA

Hujan dengan intensitas tinggi, beberapa hari terakhir ini mulai Buleleng, termasuk di Desa Panji, Kecamatan Sukasada. Selain melakukan siaga kemungkinan terjadi bencana alam, Pemerintah Desa (Pemdes) Panji mulai melaksanakan langkah antisipasi akan terjadinya banjir yang menghanyutkan sampah kiriman. Upaya ini dilakukan bekerjasama dengan Yayasan Sungai WATCH.

Upaya pencegahan ssmapah kiriman ini dilakukan “menyasar” saluran irigasi persawahan dan Daerah Lairan Sungai (DAS). Seperti yang dilakukan di saluran irigasi dan DAS di lingkungan Banjar Dinas (BD) Dangin Pura, Senin (4/3/2024). Saluran irigasi dan DAS di banjar dinas ini dipasangi beberapa unit jaring. Pada saat terjadi peningkatan volume air karena hujan dan potensi besar banjir menghanyutkan sampah kiriman, maka tidak sampai meluber ke areal pemukiman dan lahan pertanian. Ini karena sampah sudah tertahan oleh jaring yang dipasang. Kemudian sampah yang terhalang pada jaring akan dikumpulkan dan kemudian dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Selain dengan jaring, Pemdes Panji berssama Yayasan Susngai WATCH juga menggalakan edukasi dengan cara memasang beberapa lembar spanduk yang berisi informasi kepada warga untuk peduli dan sadar untuk bersama-sama menjaga kebersingan aliran irigasi dan DAS. Caranya dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Kelian Banjar Dinas Dangin Pura Nyoman Sudarma Tirta seizin Perbekel Panji, Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T Par. M.B.A.,. mengatakan antisipasi sampah kiriman saat muim hujan ini dilakukan karena di Desa Panji terdapat jasringan irigasi subak yang masih aktif dan beberapa DAS yang berhulu di kawasan hutan Puncak Landep. Degan gerakan bersama Yayasan Sungai WATCH, maka potensi sampah kirirman akan mengotori lahan pertanian, fasilitas umum, dan areal pemukiman di lingkungan Desa Panji bisa dicegah sejak dini. “Ini kerjasama kami (Pemdes Panji) bersama Yayasan Sungai WATCH. Semoga, upaya ini bisa memberikan hasil positif. Kami mengajak aksi ini didukung dengan bersama-sama peduli dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai. (humas pemdes panji)

Komentar atas MUSIM HUJAN, PEMDES PANJI ANTISIPASI SAMPAH KIRIMAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar