WARGA RT 05 BANJAR DINAS BABAKAN BETON JALAN DENGAN DANA SUWADAYA

Administrator 15 Januari 2024 10:47:44 WITA

Kekompakan warga di RT 05 Banjar Dinas Babakan Desa Panji Kecamatan Sukasada sepertinya patut diacungi jempol. Buktinya, berkat kekompakan warga di RT tersebut, jalan lingkungan yang tadinya rusak parah kini berhasil diperbaiki. Perbaikan dengan konstruksi betonisasi dengan panjang 100 meter ini direalisasikan berkat donasi beberapa warga dengan ekonomi mampu termasuk warga yang bertempat tinggal di RT 05 sepakat untuk membayar dana urunan.

Kelian Banjar Dinas (KBD) Babakan Komang Sudika, Senin (15/1/2024) di kantor Perbekel Panji mengatakan, jalan lingkungan di wilayahnya itu memang mengalami kerusakan parah sejak lama. Ini menyebabkan warga kesulitan melintas. Apalagi ketika memasuki musim hujan, badan jalan menjadi licin. Menyuysl kondisi ini, pihkanya telah mengajukan agar masuk dalam program perbaikan yang didanai dari Dana Desa (DD). Akan tetapi waktu itu terganjal karena masa pandemi COVID-19, sehingga program perbaikan itu tertunda. “Kerusakannya sudah lama kami sudah mengulkan agar masuk program perbaikan di Pemdes, namun karena banyak program prioritas jadi usulan itu ditunda,” katanya.

Lebih jauh KBD Babakan, Komang Sudika mengatakan, tidak ingin kerusakan jalan semakin bertambah parah, pihkanya kemudian berinsiaitif menawarkan program perbaikan dengan cara suwadaya. Dari bebrapa kali rapat, warga akhirnya sepakat melakukan perbaikan. Dari kesepakatan itu material pembangunan jalan bersumber dari donasi.  

Rinciannya, warga Gede Budiasa menyerahkan sumbangan sebanyak 100 sak semen. Ada juga sumbangan 1 colt pasir dari warga Kadek Suli. Kemudian, warga Darma Yasa menyumbang dana tunai Rp 1 juta, dan bantuan 1 truk pasir yang bersumber dana Kas RT 05 Banjar Dinas Babakan. Sedangkan, setiap warga yang tinggal di RT 05 juga sepakat dikenakan dana urunan masing-masing Rp 300.000. “Jadi berkat sumbangan warga termasuk dari kas RT, jalan itu kami bangun dengan konstruksi betonisasi. Mudah-mudahan dengan perbaikan ini jalan bisa dimanfaatkan dalam waktu lama dan tidak lagi menyulitkan warga secara umum yang memanfaatkan jalan itu,” jelasnya. (humas pemdes panji)  

Komentar atas WARGA RT 05 BANJAR DINAS BABAKAN BETON JALAN DENGAN DANA SUWADAYA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar