SEKDES PANJI TUTUP PRAKTIK KEBIDANAN KOMUNITAS

Administrator 25 September 2023 17:33:52 WITA

Puluhan mahasiswa Program Studi (Prodi) Diploma Tiga (D-3) Kebidanan Fakultas Ksedokteran, Undiksha telah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) praktik kebidanan komunitas di Desa Panji. Selama lebih kurang 3 minggu, mahasiswa ini melaksanakan praktik dengan menyasar wargadi 5 banjar dinas (BD) di Desa Panji.
Pada Senin (25/9/2023), masa praktik kebidanan komunitas ini berakhir. Sebelum ditutup, disi pertemuan tingkat akhir di aula kantor perbekel. Acara ini dihadiri Sekretaris Desa (Sekdes) Komang Nastika mewakili Perbekel Panji Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par.M.B.A.,. Sementara dari pihak Undiksha dihadiri, Koordinator Prodi D-3 Kebidanan, Ni Nyoman Ayu Desy Sekarini, S.S.T.M.Kep.,.  
Sekdes Panji Komang Nastika mengatakan, selama mahasiswa melaksanakan praktik kebidanan, warga di 5 banjar dinas yang menjadi sasaran telah menerima manfaat dari materi praktik yang dilakukan mahasiswa. Manfaat itu tak lain adalah, warga khsusunya para ibu-ibu rumah tangga, ibu hamil (bumil), dan calon pengantin (catin) mendapat wawasan tentang kesehatan reproduksi. Secara langsung warganya mendapat edukasi, sehingga manfaatnya ibu-ibu dan para bumil bisa menjaga kesehatan dan gizi balita.
Selain itu, remaja terutama yang menginjak sebagai catin, menerima edukasi tentang kesehatan reproduksi dan memiliki prilaku dalam menjaga jarak kehamilan dengan pentinggnya memakai alat kontrasepsi. “Kami berterimakasih karena selama lebih kurang 3 minggu ini teman-teman mahasiswa telah membimbing warga menjaga kesehatan reproduksi, menjaga gizi dan kesehatan balita bumil. Dan yang paling penting para remaja yang melangkah kemasa pernikahan mendapat wawasan dalam menjaga jarak kehamila dengan peerilaku menggunakan alat-alat kontrasepsi,” tegasnya.
Sementara itu Koordinator Prodi D-3 Kebidanan Desy Sekarini berterimakasih kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Panji  telah memfasilitasi mahasiswa mempraktikan penguasaan keilmuan di lapangan. Hasil dari program ini disumbangkan kepada pemerintah desa sebagai partisipasi akademisi dalam melaksanakan kebijakan pembangunan bidang kesehatan reproduksi, bumil, dan survei catin. “Mudah-mudahan kerjasama ini tidak terhenti sampai disini, tapi berlanjut, sehingga dengan program ini kami bisa berpartisipasi dalam melaksanakan pembangunan khususnya bidang ksehatan,” katanya. (humas pemdes panji)

Komentar atas SEKDES PANJI TUTUP PRAKTIK KEBIDANAN KOMUNITAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar