DESA PANJI DEKLARASIKAN ODF

Administrator 15 September 2023 13:55:48 WITA

Pepemerintah Desa (Pemdes) Panji Kecamatan Sukasada melaksanakan deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Jumat (15/9/2023). Deklarasi ini dipusatkan di kawasan Pura Luhur Puncak Landep, Desa Panji. Deklarasi dihadiri Camat Sukasada Gusti Ngurah Suradnya, Sekretaris Camat (Sekcam) Sukasada Komang Budarsana, dan Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Gede Sura Tenaya. Sementara Pemdes dipimpin Perbekel Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T Par.M.B.A., didampingi Sekretaris Desa (Sekdes) Komang Nastika, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Panji Ni Made Ari Cahyanti, para Kelian Banjar Dinas (KBD) di lingkungan Desa Panji dan Personel Babinsa Desa Panji Serma Komang Karia.

Camat Sukasada Gusti Ngurah Suradnya memgatakan, deklarasi ODF ini membuktikan komitmen jajaran pemdes dalam mewijudkan program pemerintah merealisasikan Desa Panji sebagai desa bebas ODF. Untuk itu, pihaknya mengingatkan agar setelah deklarasi jangan sampai muncul kasus yang berkaitan dengan gangguan kesehatan masyarakat. "Jangan sampai setelah ini ada kasus penyebaran penyalit diare atau penyakit yang disebabkan oleh kondiai lingkungan yang tidak terjaga demgan baik, sehingga setelah deklarasi ini mari kita komitmen bersama agar Desa Panji mang seluruh warga tidak ada BABS," katanya.

Sementara Perbekel Desa Panji Jro Mangku MD Ariawan mengatakan, setelah deklarasi ini pihaknya bersama jajaran pemdes dan tim ODF langsung bekerja dengan serius mengedukasi dan menyadarkan warga agar benar-benar menerapkan Pola Hidp Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan demikian, kondisi lingkungam mulai rumah tangga sampai ke tempat umum terjaga dengan baik, sehingga meningkatkan drajat kesehatan masyarakat

"Kami berterimakaaih setelah pemerintah kecamatan dan kabupaten menetapkan kita bisa deklarasi ODF. Setelah ini kami dan tim bekerja untuk melaksanakan komitmen ODF," katanya.

Kabid Kesehatan Mayarakat (Kesmas) Gede Sura Tenaya mengatakan, Deklarasi ODF di Des Panji ini adalah yang ke- 75. Melihat kekompakan jajaran pemdes dan tim ODF, pihakanya optimis Desa Panji berkomien tinggi melaksanakan sebagai desa yang tidak ada warga memilih prilaku BABS. "Deklarasi ini yang paling berbeda dan berkesan karena lokasinya di darah yang memiliki sejarah, dan kami yakin komitmen Pemdes Panji begitu tinggi, sehingga ODF bisa diwujudkan dan tidak menutup kemungkinan stunting dan drajat kesehatan masyarakat bisa dicapai," katanya. (humas pemdes panji)

Komentar atas DESA PANJI DEKLARASIKAN ODF

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar