PANORAMA ALAM BANJAR DINAS MANDUL

Administrator 26 Juli 2023 10:16:45 WITA

Banjar Dinas (BD) Mandul Desa Panji Kecamatan sukasada adalah ssalah satu wilayah dengan topografi wilayah di atas ketinggian. Kondisi ini secara tak langsung membuat bentang alam banjar dinas ini sangat indah kalau dilihat dari atas ketinggian. Tak hanya areal perkebunan cengkeh dan perssawahan, namun dari atas ketinggian ini mata akan dimanjakan dengan pemandangan Desa Panji yang posinya berada di bawahnya.
Selain pemandangan alam yang maish asli, di wilayah ini juga tengah berkembang sebuah obyek wisata alam yang sudah dikenal adalah Kayoan (Tempat Pemandian-red) Tembuku Paras. Obyek ini sangat cocok untuk wisatawan dengan aktifitas berenang di aliran sungai yang berair jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan atraksi mini tubing menyusuri aliran sungai.
Nama Kayoan Tembuku Paras tidak lepas dari sejarah yang menyebutkan kalau Daerah Aliran Sungai (DAS) ini sudah ada sejak masa kerajaan lampau. Nama Tembuku Paras ini identik dengan aliran DAS ini dari batu padas (parass-red). Hanya DAS ini dasar alirannya dari batu padas asli Desa Panji. Sedangkan DAS lainnya dibuat dari batu kali. Karena keunikan itu, daerah ini dikenal dengan nama “Tembuku Paras”.
Selain dikembangkan untuk obyek pariwisata, DAS Tembuku Paras sendiri masih berfungsi dengan baik menopang pengolahan lahan persawahan yang masih kental dengan budaya agraris di Desa Panji. (humas pemdes panji)

Komentar atas PANORAMA ALAM BANJAR DINAS MANDUL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar