PUNCAK UPACARA NGABEN NGEGALUNG DESA PANJI BERLANGSUNG KHUSUK

Administrator 27 Juni 2023 13:10:45 WITA


Upacara ngaben Ngegalung (massal) Desa Panji Kecamatan Sukasada tahun 2023 berlangsung khusuk, Selasa (27/6). Upcara ini diikuti sebanyak 168 sawa dari 64 dadia di wewidangan Desa Adat Panji.
Warga yang mengikuti upacara ini tampak antusias mengikuti seluruh proses upacara yang sudah disepakati. Sebelum menginjak puncak upacara, Penjabat Bupati (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, Ketua DPRD Gede Supriatna, Wakil Ketua DPRD Ketut Susila Umbara, dan beberapa pejabat lain sempat menyaksikan upacara ini. Kunjungan rombongan pejabat itu diterima Perbekel Desa Panji Jro Mangku Made Ariawan didampingi Kelian Desa Adat Panji Gusti Ketut Ssusila Dharma, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Dea Panji Ni MadeAri Cahyanti dan undangan penting lainnya.
Kelian Desa Adat Panji, Gusti Ketut Susila Dharma mengatakan, rangkaian upacara  berlangsung dari tanggal 12 Juni 2023 yang lalu dengan agenda melaksanakan upacara mepiuning. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi negem dewasa (menyepakati hari baik) pada 15 Juni 2023 yang lalu. Kemudian pada 24 Juni 2023 melaksanakan prosesi Ngolemin Jro Mangku, Jro Mangku Kayangan Tiga, dan Jro Mangku Merajan.
Pada 25 Juni 2023, peserta ngaben massal melaksankaan prosesi mepiuning sami, mungka/ ngelungah, meseh lawang, ngulapin, nyiramang/ pebersihan, ngeringkes, dan mungkah ring tumpang salu. Proses kemudian dilanjutkan pada 26 Juni 2023 dengan prosesi pedeengan, ngaskara, mralina, mebumi suda, ngemargiang kekecer.
Puncak acara dilaksanakan pada 27 Juni 2023 melaksanakan prosesi mecaru tedun sawa, mepegat sot, mecaru ngeroras, ngeseng sawa di setra (kuburan), pakirirman/ nerpana. Kemudian melaksanakan proses nganyut abu ke segara, ngedetin, ngulapin, nyekah, nganyud abu sekah, negara gunung, dan meajar-ajar ke Pura Kayangan Tiga, dan ngingkup. “Hari ini adalah puncak upacara yang kami langsungkan, dan astungkara berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan. Kami berterimakah dengan aparat desa, undangan dan terutama pesserta yang notabene krama dea pemilet ngaben yang ssangat antusia mengikuti upacara yang menonjolkan ssemangat peratuan kami di dea,” katanya. (humas pemdes panji)

Komentar atas PUNCAK UPACARA NGABEN NGEGALUNG DESA PANJI BERLANGSUNG KHUSUK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar