BAHAS USULAN PRIORITAS, DESA PANJI GELAR MUSDES RKPDES 2024

Administrator 15 Juni 2023 13:52:50 WITA

Pemerintah Desa (Pemdes) Panji bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Panji, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyususnan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Panji tahun 2024, Kamis (15/6). Musdes ini membahas terkait usulan prioritas yang akan direalsiasikan tahun 2024 mendatang. Selain itu, pada musdes ini, juga dipaparkan terkait pencapaian dan realsiasi anggaran tahun 2023.
Musdes dihadiri Perbekel Jro Made Ariawan, Ketua BPD Gede Ganesa, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Panji, dan para kelian banjar dinas (KBD). Sementara Camat Sukasada diwakili Sekretaris Kecamatan Komang Budiarsana, bersama Tenaga Ahli Partissipasipatif Masyarakat (TAPM) Buleleng.
Perbekel Desa Panji Jro Mangku Made Ariawan mengatakan, untuk pelaksanaan program ditahun 2023 dan penyerapan anggaran saat ini telah mencapai sekitar 40 persen. Disisa tahun anggaran yang maish berjalan ini, pihkanya optimis untuk bisa merealsiaiskan program dan penyarapan anggaran hingga tutup tahun anggaran mendatang.
Terkait pelaksanaan prioritas program tahun 2024 masih diarahkan pada bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, pariwisata desa, UKM, dan infrastruktur desa, Selain itu, bidang seni, budaya, dan kepemudaan juga menjadi program skala prioritas ditahun 2024 mendatang. “Jadi pada prinsipnya kami tetap mengacu pada visi misi membangun desa dengan semangat perjuangan Ki Barak Panji, sehingga ditahun depan program skala prioritas adalah melanjutkan dan menyempurnakan yang belum berjalan atau yang belum tuntas dijalankan ditahun ini,” katanya.
Sementara itu, Ketua BPD Gede Ganesa mengatakan, arena musdes ini untuk membahas dan menyepakati terkait usulan yang dijadikan kegiatan atau program skala prioritas tahun 2024. Dari pembahasan ini, BPD telah menyusun pokok-pokok pikiran terhadap RKPDes Panji Tahun 2024 meliputi, bidang pembangunan pendidikan dan layanan kesehatan. Kemudian, bidang infrastruktur desa dengan melanjutkan perbaikan aksses jalan lingkungan atau jalan desa yang masih memerlukan anggaran untuk dilakukan perbaikan ditahun 2024 mendatang.
Pemanfaatan teknologi tepat guna untuk memajukan perekonomian dan mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) perangkat desa melalui program pendidikan, dan pelatihan (diklat). Ada juga peningkatan pengelolaan website desa dan pariwisata, serta pembangunan bidang seni, budaya, dan keolahrgaan akan didorong tahun 2024 mendatang. “Jadi hari ini kami bersama pemdes untuk membahas usulan apa saja yang masuk skala prioritas dijaankan ditahun 2024, dan kami juga sudah mengusulkan pokok pikiran untuk disempurnakan sebelum menetapkan skala prioritas pembangunan tahun depan,” jelasnsya.
Agenda lain pada musdes RKPDes Panji tahun 2024 membentuk tim verifikasi yang terdiri dari unsur BPD, Lembaga Pemasyarakat Masyarakat (LPM), TP-PKK Desa, dan Pemdes. Selain itu, juga ditetapkan Sekdes Komang Nastika ditunjuk ssebagai Ketua Tim Penyusun RKPDes Panji Tahun 2024. Dia dibantu oleh 11 orang anggotanya. (humas pemdes panji)

Komentar atas BAHAS USULAN PRIORITAS, DESA PANJI GELAR MUSDES RKPDES 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar