DESA PANJI BENTUK KIM, TANGKAL BERITA HOAX

Administrator 14 Juni 2023 12:14:36 WITA

Desa Panji di Kecamatan Sukasada resmi membentuk Kelompok Informaai Masyarakat (KIM). Organisasi ini dibentuk untuk menindaklanjuti peogram dari Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosanti) Buleleng. Pengurus KIM yang sebagian besar adalah kalangan milenial ini berkomitmen untuk menangkal penywbaran berita HOAX yang memiliki potensi besar memicu teejadinya konflik di masyarakat. Sebelum dikukuhkan, Rabu (14/6) pengurus KIM Desa Panji melaksanakan rapat koordinasi dipimpin Sekretaris Desa (Sekdes) Komang Nastika mewakili Perbekel Desa Panji Jro Mangku Made Ariawan.

Sekdes Komang Nastika mengatakan, keberadaan KIM saat ini diperlukan karena perkembamgan teknologi informaai (TI) yang begitu pesat. Pada situasi ini tidak dipungkiri terjadi penyalahgunaan kecanggihan TI untuk kegiatan negatif. Contohnya, belakamgan banyak beredar berita yang menyesatkan (HOAX) yang berpotensi menyebabkan konflik di masyarakat. Untuk itu, "lahirnya" KIM ini bisa membantu desa menangkal beredarnya berita HOAX tersebut. Selain itu,  KIM Desa Panji sendiri bisa melaksanalan tugasnya untuk memgmenywrap informasi di desa dan juga mengedukaai kepada maayarakat agar twebiasa menerapkan prilalu bijak dalam bersoaial media (sosmed), sehingga terhindar dari persoalan hukum gara-gara penyalahgunaan penyebaran informasi itu sendiri. "Bgaimama teman-teman, KIM ini bisa membantu kita di desa untuk mendidik maayarakat dalam bidang pemanfaatan informasi di maayarakat, juga KIM bisa menangkal HOAX di masyarakat kita," katanya.

Sementara itu, Ketua KIM Made Restika mengatakan,  setelah pihaknya ditunjuk sebagai ketua dalam waktu dekat ini akan memulai beetugas. Jangka pendek KIM Panji melaksanakan koordinasi kedalam untuk mematangkan tugas pokok yang akam dijalnkan. Salah satu peogram yang akan dijalankan adalah turun kemasyarakat mengedukasi maayarakat agar manfaatkan TI secara bijak. Tugas pokok lainnnya adalah bagaiamana maayarakat sadar dan peduli dalam menangkal peredaran beita HOAX yang berpotensi menyebabkan komflik di masyarakat. "Kami akan kooordinasi kedalam dulu dan membahas tugas pokok yang akan dilaksanakan, yang jelas salah satu edukasi untuk memangkal neeita HOAX di masyarakat," tegasnya.

Setelah resmi dibentuk, KIM Desa Panji dikukuhkan oleh Perbekel Desa Panji Jro Mangku Made Ariawan. Kalau tidak ada hambatan pengukuhannya akan dipusatkan di kawasan wisata Puncak Landep Desa Panji. Setelah itu, baru akan dilaksanakan pembinaan dengan menghadirkan tim pembina KIM Diskominfo Buleleng. (humas pemdes panji)

Komentar atas DESA PANJI BENTUK KIM, TANGKAL BERITA HOAX

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar