PENGURUS RANTING PEMUDA PANCA MARGA DESA PANJI DIKUKUHKAN

admin_panji 23 Oktober 2024 15:43:27 WITA

Pembentukan ranting Pemuda Panca Marga (P2M) di Buleleng semakin bertambah. Ini terbukti, dengan dikukuhkannya ranting P2M Desa Panji, Rabu (23/10/2024) di aula kantor perbekel ssetempat. Ranting P2M Desa Panji ini diketuai Jro Md. Ariawan, S.S.T.Par. M.B.A. yang juga menjabat Perbekel Panji. Pengurus ini dikukuhkan oleh P2M Kecamatan Sukasada disaksikan Ketua P2M Buleleng Ni Made Cantiari.

Sebagai ketua, Md. Ariawan yang juga dikenal keturunan keluarga veteran pejuang kemerdekaan ini dibantu oleh beberapa pengurus bidang. Setelah dikukuhkan, ranting P2M Panji akan merealisasikan program-program yang telah dirancang.

Beberapa program itu adalah melaksakan penyambutan rutin Hari Ulang Tahun (HUT) Monumen Perjuangan Bhuana Kertha Desa Panji. Kemudian, mengumpulkan data veteran dan keluarga yang tinggal di Desa Panji. Berdassarkan data tersebut, P2M akan akan menyiapkan program lanjutan dengan melaksanakan bakti sosial (baksos) sampai memfasilitasi untuk membantu meningkatkan kesejahtraan para veteran dan keluarga yang selama ini kurang mendapat perhatian. “Jangka pendek, data veteran dan keluarga akan kami selesaikan. Kami fassilitasi agar siapapun veteran dan keluarga akan kita perjuangkan Kesehatan terjaga dan kalau perlu rumah yang tidak layak huni kita perjuangkan untuk mendapat rumah yang layak huni,” katanya.

Program jangka panjang adalah, ranting P2M Panji akan menjaga kelestarian beberapa situs dan jalur napak tilas veteran pejuang ketika menjadikan Desa Panji menjadi benteng dengan mendirikan tugu perjuangan Bhuana Kertha. Hal ini penting, selain bisa menjadi media edukasi sejarah untuk generasi muda, tetapi juga menjadi pendukung pengembangan wisata sejarah yang banyak dikunjungi wistawan. “Kami sudah dapat data-data awal kami tindaklanjuti dengan merangkul semua stake holders untuk bersama-sama menjaga kelestariannya, karena banyak sekali peninggalan veteran pejuang yang harus kita ketahui dan ini menjadi spirit untuk terus menggaungkan Panji sebagai sejarah Buleleng,” tegasnsya.

Ketua P2M Buleleng Ni Made Cantiari menyambut baik dan bangga dengan dibentuknya P2M Panji. Cantiari mengaku apa yang sudah dilakukan di Desa Panji ini bisa diikuti oleh desa lain untuk melakukan hal yang sama, sehingga keberadaan P2M sebagai ormas keluarga veteran pejuang, dan tantara berbasis kekeluargaa (menyama braya) semakin massif.

Terkait program, pihkanya mengusulkan agar selain program yang sudah dirancang itu, P2M Panji turun langsung untuk mengkampanyekan Semangat dan spirit Bela Negara di kalangan anak-anak dan generasi muda. Ini penting karena tantangan zaman seperti sekarang, adalah mencegah dampak negatif dari dibalik kecanggihan informasi dan teknologi. “Ssaya minta P2M Panji untuk terus menanamkan spirit dan mental anak-anak di sini tentang Bela Negara, sehingga perkembangan zaman modern ini tidak sampai melunturkan prinsip tersebut,” tegasya. (humas pemdes panji)

Komentar atas PENGURUS RANTING PEMUDA PANCA MARGA DESA PANJI DIKUKUHKAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar