BETONISASI JALAN LINGKUNGAN PANGKUNG PERGONG BANJAR DINAS MANDUL

admin_panji 17 Oktober 2024 11:07:52 WITA

Warga Banjar Dinas (BD) Mandul Desa Desa Panji Kecamatan Sukasada melaksanakan gotong royong betonisasi jalan lingkungan Pangkung Pergong Kamis (17/10/2024). Sebelumnya, jalan lingkungan di wilayah ini mengalami kerusakan. Tidak ingin kerusakan semakin parah, warga kemudian menyepekati melaksanakan betonisasi dengan sistem suwadaya murni.  

Kelian Banjar Dinas (KBD) Mandul, Dewa Putu Dharma Sujati seizin Perbekel Panji Jro Mangku Md. Ariawan, S.S.T.Par. M.B.A. mengatakan, betonisasi jalan lingkungan ini sebelumnya telah disepakati dalam musyawarah dusun beberapa waktu yang lalu. Warga kemudian menyepekati mekanisme pembiayaan dilakukan dengan sistem suwadaya murni. Tahap awal, betonisasi jalan ini dilakukan dengan panjang 100 meter. Bentuk suwadaya yang terkumpul itu mulai dari material dan tenaga kerja warga melaksanakan gotong royong selama pengerjaan betonisasi berjalan. “Kami berterimakasih kepada warga karena partipasi tinggi betonisasi jalan lingkungan dan saat ini masih dikerjakan dengan swakelola dan gotong royong warga,” katanya.

Menurut Kelian Banjar Dinas Mandul Dharma Sujati, perbaikan jalan lingkungan seperti yang dilakukan sekarang ini bukan saja bermanfaat memudahkan warga melintas dan mengangkut hasil pertanian saja. Tetapi, manfaat lain adalah, infrastruktur yang dibangun ini dapat mendukung program pengembangan potensi desa yaitu, desa wisata. Jalan lingkungan ini bisa saja menjadi rute tracking rombongan wisatawan yang datang berkunjung ke Desa Panji. “Jalan yang layak dilalui warga mudah ketika mengangkut hasil pertanian. Selain itu ada manfaat lain, di mana jalan-jalan lingkungan di wilayah kami ini menjadi rute tracking atau bersepeda sambil menikmati suasana alam pedesaan yang maissh asri,” tegasnya. (humas pemdes panji)   

Komentar atas BETONISASI JALAN LINGKUNGAN PANGKUNG PERGONG BANJAR DINAS MANDUL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar