PEMBUKAAN BUMDESMA FESTIVAL TAHUN 2024 BERLANGSUNG MERIAH

admin_panji 11 Oktober 2024 09:55:07 WITA

Bumdesma Festival Tahun 2024 di lapangan Ki. Barak Panji Sakti, resmi dibuka Kamis (10/10/2024). Pembukaan event ini dilakukan Perbekel Panji Jro Mangku Md Ariawan, S.S.T.Par. M.B.A didampingi Ketua BPD Panji Dewa Gede Astidana, dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Panji Ni Made Ari Cahyanti.

Pembukaan gelaran ini berlangsung meriah dengan diawali penampilan senam sehat masal kader PKK Desa Panji, kemudian dilanjutkan parade memasak kader PKK Desa dan penampilan artis lokal Desa Panji. Yan tidak kalah menariknya adalah, selama bumdesma fest bergulir, puluhan ragam produk UMKM lokal Panji dan produk pengolahan sampah oleh TPS-3R dipamerkan pada gelaran kali ini. Produk itu seperti, produk Kelompok Wanita Tani (KWT) Kayu Sugih Dendeng Babi Asap. Panji herbal dan Sorum produk andalan KWT Tulus Bakti, dan maish banyak lagi ragam produk lokal lain.

Perbekel Panji Md. Ariawan mengatakan, Bumdesma Fest tahun ini sepenuhnya digarap oleh jajaran Bumdesma. Demikian juga terkait pendanaannya, sengaja tidak memanfaatkan alokasi Dana Desa (DD). Meski begitu, hajatan ini adalah ruang yang diberi kepada penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal, penggiat TPS-3R, Karang Taruna, dan komponen masyarakat lain untuk belajar Bagaimana mengelola sebuah event di desa. Di mana, dengan gelaran seperti bumdesma fest ini bisa dijadikan ruang promosi produk lokal desa juga memberi hiburan kepada masyarakat desa. “Bukan saja meningkatkan pemasaran produk UMKM lokal desa saja, tapi bumdesma kali ini adalah praktik mengelola event di desa, sehingga mulai dari menciptakan produk, prmosi, pemasaran, dan hasil akhir menjadi event yang bisa menghibur masyarakat yang bisa memberi multiplayer efek positif,” katanya.  

Sementara itu Ketua BPD Panji Dewa Gede Astidana menyambut positif digelarnya bumdesma fest tahun ini. Astidana menilai, bumdesma fest ini memberi manfaat baik kelompok masyarakat di desanya untuk mempromosikan lebih luas lagi ragam produk unggulan desa.

Setelah dikenal, tujuannya pemasaran akan meningkat sehingga ini akan meningkatkan keuntungan bagi kelompok masyarakat, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk itu, pihkanya mendukung kebijakan Pemdes Panji dan bumdesma dan menjadikan bumdesma fest ini menjadi gelaran rutin setiap tahun. (humas pemdes panji)

Komentar atas PEMBUKAAN BUMDESMA FESTIVAL TAHUN 2024 BERLANGSUNG MERIAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar