UNTUK KALI KEEMPAT POLTEKPAR BALI GULIRKAN PKM di DESA PANJI

admin_panji 01 Oktober 2024 12:12:05 WITA

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali untuk kali keempat melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Panji, Kecamatan Sukasada. PKM kali ini diisi dengan melaksanakan pelatihan tentang Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lintas Budaya Dalam Menunjang Event di Desa Panji.

Pelatihan dihadiri Perbekel Panji Jro Mangku Md. Ariawan, S.S.T.Par. M.B.A. didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Panji Ni Made Ari Cahyanti. Sementara narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini mulai dari tenaga dosen di lingkungan Poltekpar Bali juga melibatkan narasumber dari dosen Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja.

Perbekel Panji, Md Ariawan menyambut positif dan memberi apresiasi tinggi kepada Poltekpar Bali yang sungguh-sungguh memberi dukungan dan bantuannya dalam percepatan pembangunan di desa. Dia menyebut, dari beberapa kali PKM ini, sekarang sudah menginjak pada level pengambil keputusan. Itu artinya, kegiatan lanjutannya nanti adalah implementasi oleh pelaksana kegiatan seperti pengelolaan desa wisata, UMKM, TPS-3R, edukasi menjaga kelestarian hutan dan sumber daya air. “Kita patut berbangga karena sudah empat kali desa kita menjadi lokus untuk PKM Poltekpar Bali. Yang kali ini sudah menginjak ke level pelaksana di lapangan, sehingga metari selama PKM ini sudah dijalankan tinggal pelaksanaan oleh pelaksana seperti desa wisata, UMKM, KWT, TPS-3R dan gerakan menjaga hutan desa,” katanya.

Di sisi lain, Perbekel Md Ariawan menyebut, salah satu implementasi dari PKM Poltekpar Bali adalah melaksanakan sebiah event yang dipusatkan di areal lapangan Desa Panji. Nantinya, event akan didukung oleh Poltekpar Bali bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Panji dan pihak pendukung lain. “Bagaimana lapangan itu menjadi creative hub sehingga kita susun jadwal untuk melaksanakan event dan untuk mengawali nanti kita menggandeng Poltekpar Bali untuk menggelar sebuah event yang melibatkan stake holders di desa,” tegasnya.

Sementara itu, Nengah Wirata mewakili Direktur Poltekpar Bali mengatakan, PKM ini adalah wujud implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dia mengatakan, selama empat kali melaksanakan PKM di Desa Panji dipastikan akan dapat meningkatkan wawasan penggiat wisata desa, UMKM, kuliner, homestay berbasis masyarakat, dan komitmen menjaga kelestarian lingkungan. “Secara materi sudah kita bahas bersama, dan setelah PKM yang keempat ini, kita akan lanjutkan dengan melaksanakan event yang akan dikoordinir mahasiswa, sehingga Panji yang sudah dikenal dengan event nanti bisa lebih terkenal lagi,” katanya. (humas pemdes panji)

Komentar atas UNTUK KALI KEEMPAT POLTEKPAR BALI GULIRKAN PKM di DESA PANJI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar