STUDI TIRU PEMDES ULAKAN ke PEMDES PANJI, BELAJAR KELOLA BUMDES

admin_panji 06 September 2024 12:41:08 WITA

Pemerintah Desa (Pemdes) Panji Kecamatan Sukasada menerima rombongan studi tiru dari Pemdes Ulakan Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (6/9/2024). Rombongan studi tiru dari Bali Timur ini secara khusus untuk belajar tentang pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Studi tiru ini dipimpin Sekretaris Desa (Sekdes) Ulakan Agus Eka Wahyudi Purnama. Dia didampingi Direktur BUMDes Amertha Gati Ulakan Ni Nengah Sartini, Sekretaris Nyoman Budana, Bendahara Made Dwipayanti, dan para Koordinator Wilayah (Kawal) se Desa Ulakan. Rombongan diterima Perbekel Desa Panji Jro Mangku Md. Ariawan, S.S.T.Par.M.B.A. didampingi Sekretaris Panji Komang Nastika, dan Direktur BUMDes Bhuana Utama Edy Susena.

Direktur BUMDes Amertha Gati Ulakan, Ni Nengah Sartini mengatakan, alasan memilih lokasi studi tiru ke Desa Panji karena dari literatur yang ada diketahi kalau pengelolaan BUMDes Bhuana Utama Panji menunjukkan perkembangan yang amat pesat. Untuk itu, dari pengalaman studi tiru ini, pihkanya ingin mengaplikasikan untuk mendukung pengelolaan BUMDes Amertha Gati Desa Ulakan. Apalagi, secara potensi dan topografi wilayah antara Desa Ulakan dan Panji ada kemiripan, sehingga dipastikan pengelolaan menejemen BUMDes Bhuana Utama Panji bisa ditiru untuk mengelola BUMDes Amertha Gati Ulakan. “BUMDes kami ini masih banyak masalah dan sumberdaya manusia (SDM) juga minim, namun kendala ini kami akan coba atasi setelah kami belajar dan mengetahui pengaaman apa yang sudah dijalankan menejemen BUMDes Bhuana Utama Panji,” katanya.

Sementara itu, Perbekel Panji Jro Mangku Md. Ariawan, S.S.T.Par. M.B.A. didampingi Direktur BUMDes Bhuana Utama Edy Susena mengatakan, BUMDes Bhuana Utama memiliki unit usaha mulai dari pengelolaan air bersih. Unit toko, dan simpan pinjam. Ke depan BUMDes Bhuana Utama akan mengembangkan bisnisnya dengan membuka usaha peternakan. Selain menyumbangkan keuntungan jajaran menejemen BUMDes Bhuana Utama juga menyumbangkan keuntungan dalam bentuk Courporate Social Responsibility (CSR) dan dukungan melestarikan kelestarian lingkungan. Pengelolaan unit usaha di BUMDes Bhuana Utama dilakukan berbasis digital dengan mengoperasikan sebuah aplikasi. Di Buleleng sendiri, apliaksi ini telah digunakan oleh sekitar puluhan BUMDes lain di Bali Utara.

Meski pengelolaan unit usaha di BUMDes Bhuana Utama sudah berjalan dengan sangat baik, tetapi hal itu belum memuasksan. Tetapi, upaya meningkatkan kinerja menyeluruh harus dilakukan. Satu-satunya kunci sukses dalam pengelolaan BUMDes adalah mengedepankan keterbukaan (transparan) dan mengedepankan menejemen yang mengedepankan prinsip kehati-hatian. “Kami dikunjungi oleh rombongan studi tiru ini bukan kami sudah mampu, namun bagi kami kedatangan tamu untuk saling sshering untuk meningkatkan kinerja kita dalam mengelola BUMDes,” katanya. (humas pemdes panji)

Komentar atas STUDI TIRU PEMDES ULAKAN ke PEMDES PANJI, BELAJAR KELOLA BUMDES

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar