DISTAN BULELENG GULIRKAN VAKSINASI ANJING RABIES di DESA PANJI

admin_panji 20 Agustus 2024 09:20:31 WITA

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng, kembali melaksanakan program vaksinasi anjing rabies di seluruh desa/ kelurahan di Bali Utara. Salah satunya vaksinasi anjing liar itu dilaksanakan di Desa Panji Kecamatan Sukasada. Selama satu pekan, sejumlah petugas vaksinator yang dikerahkan Distan Buleleng melaksanakan vaksin ajing rabies menyasar delapan banjar dinas yang ada di desa ini.

Vaksin anjing rabies di desa ini dimulai Senin (19/8/2024) menyasar Banjar Dinas Babakan dan Banjar Dinas Dauh Pura. Sebelum melaksanakan vaksin, sejumlah vaksinator melakukan rapat koordinasi di Kantor Perbekel Panji. Setelah itu, petugas langsung melaksanakan vaksin didampingi para Kelian Banjar Dinas yang terkait.

Vaksin anjing rabies ini sendiri tujuan utamanya adalah memutus terjadinya potensi penyebaran Virus Rabies melalui kasus gigitan anjing. Namun demikian, selama vaksin anjing rabies ini, petugas vaksinator bersama perangkat desa terkait melaksanakan edukasi kepada warga untuk menanamkan sikap waspada terhadap potensi penyebaran virus mematikan ini. Caranya adalah membiasakan prilaku untuk memlihara anjing atau hewan peliharaan lain dengan cara mengikat atau mengkandangkan hewan peliharaan dengan baik. Kemudian rutin untuk merawat kesehatannya dan memberi pakan yang baik. Dengan cara ini, hewan peliharaan dipastikan tidak akan hidup liar, sehingga tidak membahayakan bagi pemilik dan orang lain.

Sementara itu, untuk vaksin anjing rabies hari kedua, Selasa (20/8/2024) dilaksanakan di Banjar Dinas Kelod Kauh dan Banjar Dinas Mekar Sari. Sama dengan sebelumnya, petugas vaksinator yang didampingi kelian banjar dinas terkait mendatangi rumah warga untuk memvaksin anjing dan hewan peliharaan mereka. Setiap anjing yang sudah mendapat vaksin rabies diberi tanda berupa kalung dengan warna merah. Sedangkan identitas anjing dan pemiliknya dicatat pada label yang telah disiapkan oleh petugas vaksinator. (humas pemdes panji)

Komentar atas DISTAN BULELENG GULIRKAN VAKSINASI ANJING RABIES di DESA PANJI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar