SAMBUT HUT PROKLAMASI RI KE- 78 STT SATIA BHAKTI MANGGALA GELAR JALAN SANTAI “MERAH PUTIH”

14 Agustus 2023 07:39:41 WITA

Memasuki bulan Agustus tahun ini suasana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Republik Indonesia ke- 78 sangat terasa. Ini dibuktikan pernik yang bernuansa Merah Putih mulai ramai terpassang di tempat umum di Kota Singaraja hingga di desa. Selain itu, kegiatan yang membangkitkan nasionalissme itu mulai marak digelar baik instansi pemerintahan dan beberapa kalangan yang lain.

Seperti yang dilakukan Seka Truna Truni (STT) Satia Bhakti Manggala, Banjar Dinas Dauh Pura, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Minggu (13/8) yang bertepatan dengan Umanis Kuningan melaksanakan jalan santai.

Bukan sekedar jogging pada pagi hari, tetapi kegiatan ini begitu kental dengan suasana pawai. Di mana, para anggota STT dan pelajar di banjar dinas setempat melaksanakan pawai dengan membawa beragam pernik “Merah Putih” dan membentangkan spanduk yang berisi tulisan tema Peirngatan HUT ke- 78 Proklamasi RI “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. Unikanya bukan saja diiringi dengan lagu perjuangan, namun saat pawai berlangsung iring-iringan pawai juga dimeriahkan dengan penampilan tabuh gong beleganjur dari STT Satia Bahkti Manggala. Tak pelak, suasana disepanjang rute yang dilalui menjadi riuh dan wargapun ramai untuk menyempatkan diri menyaksikan iring-iringan peserta jalan santai Merah Putih ini.

Setelah melaksanakan pawai keliling wilayah banjar dinas, acara kemudian dimeriahkan dengan karaoke bersama. Di lokasi kegiatan juga dibuka stan pemeriksaan kesehatan yang dihendel oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Udayana (UNUD) Denpasar.

Jalan santai “Merah Putih” ini dibuka Perbekel Desa Panji Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par., M.B.A. Acara ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Buleleng Ketut Susila Umbara yang notabene adalah Putra Desa Panji, dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Panji Ni Made Ari Cahyanti.

Ketua STT Satia Bhakti Manggala, Gede Wahyu Mahotama mengatakan, jalan santai ini sengaja digelar untuk merayakan dan memperingati HUT Proklamasi RI ke- 78 tahun 2023. Dengan melibatkan pemuda di Banjar Dinas Dauh Pura, kalangan pelajar dari jenjang terendah sampai tertinggi, dirinya ingin terus memupuk sikap nasionalisme, menghormati dan mengimplementasikan nilai perjuangan Pahlawan untuk mengisi masa kemerdekaan. “Tujuannya untuk memupuk sikap nasionalisme dan mengimplementasikan nilai perjuangan yang diwariskan Pahlawan untuk mengisi masa kemerderkaan dengan kegiatan yang positif,” katanya.

Di sisi lain, Mahotama menyebutkan, sebelum melaksanakan jalan santai ini, pihkanya telah mengajukan proposal kepada para donatur yang sipatnya tidak mengikat. Hasilnya, oprasional dan persembahangan hadiah undian kepad para peserta berhasil dihimpun. “Kami mengcapkan terimakasih karena donatur ini anggaran oprasional pelaksanaan jalan santai bisa kami penuhi, dan yang tidak kalah penting lagi adalah bagaimana jalan santai merah putih tahun ini memberi nuansa yang berkesan,” tegasnya. (humas pemdes panji)

 

Komentar atas SAMBUT HUT PROKLAMASI RI KE- 78 STT SATIA BHAKTI MANGGALA GELAR JALAN SANTAI “MERAH PUTIH”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar