RAPAT KOORDINASI BAHAS PERTANGUNGJAWABAN BUMDES TAHUN BUKU 2023

Administrator 22 Februari 2024 11:17:39 WITA

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bhuana Utama Desa Panji Kecamatan Sukasada akan melaksanakan rapat pertangungjawaban tahun buku 2023. Rencananya, pertangungjawaban digelar pada Maret 2023 mendatang. Sebelum pertangungjawaban itu, Rabu (21/2/2024), Perbekel Panji Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T. Par. M.B.A.,. menghadiri rapat koordinasi (rakor) dengan pengurus BUMDes Bhuana Utama.

Di sela-sela rakor, Perbekel Panji yang juga menjabat Dewan Pengawas (DP) BUMDes Bhuana Utama, mengatakan pengelolaan lembaga sejauh ini telah berjalan mengikuti ketentuan yang ada. Dari sisi bidang usaha yang digeluti, pengurus telah mengelola dengan baik sesuai menejemen yang sudah diatur. BUMDes Bhuana Utama juga telah memberi pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Yang tidak kalah pentingnya lagi, lembaga ini telah terbukti memberi berkontribusi dalam kebijakan pembangunan desa. “Saya kira dalam setahun ini (2023), BUMDes Bhuana Utama telah menjalankan usahanya sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha BUMDes dan capaian ini saya kira harus dipertahankan dan tingkatkan di tahun ini,” katanya.

Terkait, pelaksanaan program kerja tahun 2024, Perbekel Panji MD Ariawan mengingatkan agar pengurus dapat memaksimalkan fungsi BUMDes sebagai lembaga yang memajukan ekonomi dan Usaha MIkro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Panji. Salah satu contoh dalam kebijakan ini ke depan pengurus mengoptimalkan dukungan sumberdaya manusia (SDM) yang ada di desa dengan menyerap tenegakerja lokal desa yang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. “Saya harapkan BUMDes memaksimalkan SDM yang ada di desa, sehingga ini akan memberi multiplayer efek yang lebih besar, sehingga dapat menggerakan perekonomian dan UMKM desa,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur BUMDes Bhuana Utama Panji Ketut Edy Susena, mengatakan, untuk program kerja tahun 2024 ini, pihkanya tetap mengacu pada program kerja yang telah disepakati. Salah satunya, adalah melaksanakan investasi dengan peningkatan kapasitas jaringan air bersih. Ini dilakukan untuk menjawab tuntutan, di mana hal ini sejalan perkembangan penduduk secara langsung berdmapak pada peningkatan kebutuhna akan layanan air bersih. “Ini kami jalankan dengan dana investasi murni 100 persen, dan harus dijalankan karena kebuthuhan air bersih mengalami lonjakan dan ini sejalan dengan perkembangan penduduk di Desa Panji,” jelasnya. (humas pemdes panji)

Komentar atas RAPAT KOORDINASI BAHAS PERTANGUNGJAWABAN BUMDES TAHUN BUKU 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar