RAKOR FORKOMDESLU KECAMATAN SUKASADA, BAHAS SEJUMLAH AGENDA PENTING

Administrator 30 Januari 2024 12:37:13 WITA

Forum Komunikasi Kepala Desa dan Lurah (Forkomdeslu) Kecamatan Sukasada melaksanakan rapat koordinasi (rakor), Selasa (30/1/2024). Pada rakor rutin ini Desa Panji menjadi tuan rumah penyelenggara dengan memilih loaksi di Villa Kailas, Banjar Dinas Mekar Sari, Desa Panji. Rakor ini membahas sejumlah agenda penting seperti, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, antisipasi cuaca ekstrim, dan persoalan kesehatan masyarakat.

Rakor ini dihadiri Camat Sukasada Gusti Ngurah Suradnyana, Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi Wirawan, Danramil Sukasada, Kapten Inf I Wayan Nada dan Ketua Forkumdeslu Sukasada Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T. Par. M.B.A.,. dan Ketua TP PKK Desa Panji Ni Made Ari Cahyanti.

Perbekel Desa Panji yang juga Ketua Forkumdeslu Kecamatan Sukasada, Mangku MD Ariawan mengatakan, rakor ini adalah agenda rutin yang digelar secara bergiliran. Untuk diawal tahun ini, materi rakor membahas terkait persiapan menghadapi pemilu. Selain itu, memaski musim cuaca ekstrim juga menjadi pokok pembahasan para peserta rakor. Ini tidak lepas karena Sebagian besar desa-desa dan kelurahan di Kecamatan Sukasada masuk kategori rawan bencana alam. Untuk itu, dari rakor ini dibahas bagaimana mengantisipasi jangan sampai bencana alam memakan korban jiwa. Yang tak kalah penting dalam musim cuaca ekstrim ini bagaimana ditangani dengan maksimal, sehingga bisa menekan jatuhnya korban.

Di sisi lain, Ketua Forkumdeslu Kecamatan Sukasada, menyebut agenda lain yang dibahas terkait program kegiatan bidang infrastruktur. Dia mencontohkan, subak-subak di Kecamatan Sukasada beberapa waktu lalu menyampaikan aspirasi terkait usulan pemeliharaan jaringan irigasi dan pengembangan obyek wisata alam mengandalkan keindahan air terjun. Terkait materi ini, pihkanya telah memfasilitasi dengan mengusulkan ke Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida. “Pada prinsipnya rakor ini untuk membahas beberapa agenda penting, termasuk program penting seperti antisipasi bencana alam. Narasumber yang kami hadirkan dari Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD), termasuk narasumber dari Kapolsek Sukasada untuk antisipasi kriminal yang terjadi di wilayah masing-masing,” katanya.

Camat Sukasada Gusti Ngurah Suradnyana menyabut positif rakor yang digagas forkumdeslu. Rakor ini adalah media untuk shering terkait program kegiatan dan kebijakan yang dilakukan di masing-masing desa dan kelurahan. Khusus untuk antisipasi cuaca ekstrim, Camat Sukasada Suradnyana mengingatkan agar para perbekel dan lurah untuk siaga dan menyiapkan logistik. Dengan demikian, jika terjadi bencana alam maka penanganan darurat bisa dilakukan dengan optimal dan warga yang menjadi korban bisa mendapat pelayanan maksimal. Di samping itu, pihkanya juga mengingatkan para perbekel dan lurah untuk mendukung gerakan menanam di musim hujan untuk mencaga vegetasi tanaman dan menjegah terjadinya bencana tanah longsor.  “Soal logistik ini harus diusahakan dengan baik dan siaga untuk mengedukasi dan menyadarkan warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam bisa tanggap, sehingga kalua terjadi bencana paling tidak korban yang besar bis akita cegah,” katanya.

Senada diungkapkan Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi Wirawan menghimbau para perbekel dan lurah di Kecamatan Sukasada untuk senantiasa menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing-masing. Ini tidak lepas karena ancaman kriminal di wilayah Kecamatan Sukasada masih tergolong tinggi, sehingga dengan koordinasi dan komuniaksi yang baik, bisa bersama-sama mencegah ancaman kriminal. “Mari kita menjaga situasi kamtibmas dengan baik, sebab ancaman kriminalitas di wilayah kita masih tinggi. Kami sendiri sudah beberapa kali mengungkap kasus pencurian termasuk penyalahgunaan narkoba, sehingga upaya bersama ini penting dilakukan untuk bersama-sama bergerek melakukan antisipasi sejak dini,” jelasnya. (humas pemdes panji)

Komentar atas RAKOR FORKOMDESLU KECAMATAN SUKASADA, BAHAS SEJUMLAH AGENDA PENTING

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar