PEMDES PANJI GELAR BERSIH-BERSIH SAMPAH PELASTIK dan TANAM POHON CEMPAKA

Administrator 01 Desember 2023 10:16:53 WITA

Tim Pemerintah Desa (Pemdes) Panji Kecamatan Sukasada, melaksanakan kerja bakti, Jumat (1/12/2023). Pada kegiatan ini, tim pemdes menanam beberapa Pohon Cempaka di areal bak penampungan (resevoar) air Desa Panji di Banjar Dinas (BD) Mandul. Kerja Bakti dipimpin Perbekel Panji Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par.M.B.A.,. bersama para kepala urusan (kaur), kepala seksi (kasi), dan kelian banjar dinas (KBD) di lingkungan Desa Panji.

Perbekel Panji MD Ariawan mengatakan, kerja bakti ini sengaja dilakukan di sepanjang jalan desa di Banjar Dinas Mandul. Karena, di banjar dinas ini belakangan sedang dirintis sebagai kawasan wisata yang menyediakan akomodasi wisata berupa home stay yang memberdayakan warga lokal. Mendukung, pengembangan akomodasi wisata berbasis masyarakat, tim pemdes gencar melaksanakan edukasi untuk menggugah kesadaran warga untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dari pencemaran sampah pelastik. “Kami programkan “Jumat Krida” setiap minggunya dan nantinya Kelompok Wanita Tani (KWT) di banjar dinas ini untuk melaksanakan kebersihan dan mengangguh kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dari penyemparan pelastik,” katanya.

Di sisi lain, Perbekel MD Ariawan menyebut, di Banjar Dinas Mandul sekarang ini telah dibuka sebanyak 11 unit rumah penduduk yang telah “disulap” menjadi home stay. Dari jumlah itu, satu diantaranya, adalah murni pengembangan oleh pemilik sendiri, dan sisanya adalah rintisan pemdes yang di-seport oleh lembaga perguruan tinggi (PT). Di mana, setiap home stay, ini dilengkapi fasilitas yang bersih dan nyaman, hingga seperti layaknya kamar hotel pada umumnya. Selain itu, kebersihan lungkungan di Kawasan home stay betul-betul dijaga dengan baik. “Satu pengembangan secara mandiri, dan selebihnya adalah kita dibanstu dari Universitas Pendidikan Ganseha (Undiksha), sehingga di Banjar Dinas Mandul ini sudah membuka akomodasi wisata yang bersih dan nyaman untuk wisatawan,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengelola home stay, Komang Mariani mengatakan, sejauh ini sudah ada bebrapa wisatawan yang tertarik untuk menyewa kamar rumah yang disewakan oleh warga. Selain menyewakan ruang kamar, juga menyediakan paket wisata edukasi. Ini seperti, usaha pengolahan sorgum (jaggung gembal) dan jahe merah. Selain itu, ada juga paket wisata edukasi terkait budaya becocok tanam warga di Desa Panji. “Setelah dibuka sudah ada yang berkunjung, dan kami tidak saja sewakan kamar, namun kita tawarkan paket lain seperti belajar memasak sorum, mengolah jahe merah hingga belajar terkait budaya cocok tanam warga di desa kita,” jelasnya. (humas pemdes panji)

Komentar atas PEMDES PANJI GELAR BERSIH-BERSIH SAMPAH PELASTIK dan TANAM POHON CEMPAKA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar