BARU TERBENTUK, RT PERUMAHAN TAMAN WIRA AUDENSI DENGAN PERBEKEL PANJI

Administrator 16 Oktober 2023 13:52:06 WITA

Pemukiman Taman Wira Sambangan di Banjar Dinas Bangah, Desa Panji Kecamatan Sukasada, adalah salah satu pemukiman dengan padat penduduk dengan 400 unit rumah dan kategori penduduk heterogen. Peumahan ini sendiri dibuka sejak lama, namun tidak lebih baru setahun ini baru dibentuk lembaga  Rukun Warga (RT).

RT Perumahan Taman Wira Sambangan sendiri dipimpin Gede Eka Setia Dharma. Untuk meningkatkan koordinasi pemerintahan, Senin (16/10/2023), Ketua RT Perumahan Taman Wira Sambangan Eka Setia bersama salah satu tokoh masyarakat Dewa Nyoman Darmadi melaksanakan audiensi dengan Perbekel Panji Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par.M.B.A.,.

Dari audiensi itu, Ketua RT Perumahan Taman Wira Sambangan, Eka Setia menyebutkan, dari seluruh penduduk yang bertempat tinggal di wilayahnya itu sebagian besar masih memegang KTP asal. Dengan kondisi ini, pihkanya kesulitan untuk menjalankan program atau kebijakan pemerintahan karena penduduk bersangkutan masih memegang KTP dari luar Desa Panji dan bahkan ada keluar Buleleng. “Ini kendala kami karena sangat sulit menyadarkan warga atau pemilik rumah untuk merubah alamat tinggal menyesuaikan dengan wilayah terkait, sehingga program atau kebijakan pemeirntahan desa masih belum optimal bisa dijalankan di RT Taman Wira Sambangan,” katanya.

Atas masalah ini, Ketua RT Taman Wira Sambangan Eka Setia meminta agar Pemerintah Desa (Pemdes) turun tangan dengan membantu mengedukasi dan menyadarkan warga agar sesegara mungkin untuk melakukan perubahan alamat tempat tinggal. Selain itu, pihkanya juga meminta agar kegiatan seperti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di lingkungannya bisa ditingkatkan. Sebab persoalan kesehatan masyarakat ini menjadi penting untuk difahami, terutama dalam melaksanakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan masalah ibu hamil (bumil) dan balita. “Kami juga meminta kegiatan Posyandu untuk warga ini ditingkatkan, sebab dari kegiatan itu warga akan mendapat penyadaran dan edukasi berprilaku PHBS, bina bumil dan balita,” tegasnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Panji Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par.M.B.A.,. berjanji siap akan memfasilitasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di RT Taman Wira Sambangan. Pada jangka pendek, pemdes melalui Kelian Banjar Dinas (KBD) terkait untuk turun tangan untuk melayani penyesuaian administrasi kependudukan. Dengan demikian, pemdes bisa melaksanakan kegiatan baik posyandu dan program yang lain.

Kemudian, langkah berikutnya akan ditambah perangkat-nya, sehingga meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan (faskes). “Kita akan fasilitasi dan menyadarkan agar warga di sana bisa menyesuaikan adminsitrasi kependudukan, juga perangkat nanti akan dilengkapi, sehingga warga di sana yang jumlahnya “gemuk” itu bisa terlayani dengan optimal,” jelasnya. (humas pemdes panji)

Komentar atas BARU TERBENTUK, RT PERUMAHAN TAMAN WIRA AUDENSI DENGAN PERBEKEL PANJI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar