PEMDES PANJI DATA PENGGIAT UMKM BERBASIS APLIKASI

Administrator 16 Oktober 2023 09:32:32 WITA

Perkembangan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Panji Kecamatan Sukasada belakangan terus menunjukkan perkembangan positif. Ini terbukti sektor UMKM di desa ini tumbuh dan berkembang. Bahkan pengembangan sektor ini mampu menggerakkan roda ekonomi di Desa Panji.

Untuk mendukung perkembangan dunia UMKKM ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Panji sekarang melakukan pendataan sektor UMKM berbasis digitalsiasi. Ini dilakukan dengan menerapkan sistem aplikasi edis.edesaku.org.

Perbekel Desa Panji, Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par.M.B.A.,. di ruang kerjanya, Senin (16/10/2023) mengatakan, pendataan ini dilakukan dengan bekerjasama dengan salah satu progremer aplikasi. Kemudian, kerjasama itu berlanjut dengan membangun sebuah sistem aplikasi. Ide untuk melakukan pendataan berbasis digitalisasi ini karena pihkanya berkeinginan bagaimana desa memiliki data base lengkap terkait UMKM yang ada. Selain itu, dengan aplikasi ini, pihkanya ingin memfasilitasi siapapun penggiat UMKM di Desa Panji untuk memasarkan produk, kemudian membantu dalam mengusurus kelengkapan dokumen perizinan. “Kita bekerjasama dengan salah satu progremer andal dan sudah terbangun aplikasi ini sudah kita terapkan,” katanya.

Khusus untuk pendataan UMKM ini, pihak pemdes melibatkan kelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Panji. Dari delapan banjar dinas (BD) di lingkungan Desa Panji saat ini sudah ada lebih dari 20 UMKM di Banjar Dinas Bangah telah terdata berbasis sistem aplikasi. Pendataan ini tidak saja menyangkut identitas penggiat, namun memuat detail terkait komuditas yang dihasilkan, alamat, hingga titik koordinat lokasi UMKM bersangkutan. “Pendataan sekarang sedang berjalan dan data yang kita input bersama kawan-kawan mahasiswa sudah masuk. Yang jelas, dengan sistem ini, selain mendapatkan data detail terkait penggiat dan produk UMKM, serta titik koordint kita input lewat sistem, sehingga ini memudahkan pelanggan menemukan penggiat UMKM itu sendiri,” jelasnya. (humas pemdes panji)

Komentar atas PEMDES PANJI DATA PENGGIAT UMKM BERBASIS APLIKASI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar