KADER TP PKK DESA PANJI TERIMA BANTUAN BIBIT TANAMAN

Administrator 09 Oktober 2023 18:40:35 WITA

Tim Penggerak (TP) PKK Buleleng tahun 2023 ini kembali melancarkan gerakan menanam bibit tanaman produktif dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Untuk mendukung gerakan ini, masing-masing kader TP PKK Desa di Buleleng dialokasikan bantuan bibit tanaman produktif. Salah satunya, adalah kader TP PKK Desa Panji, Kecamatan Sukasada menerima bantuan tersebut, Senin (9/10/2023) di aula kantor Desa Panji.

Bantuan ini diserahkan oleh Sekretaris TP PKK Buleleng Ny. Ayu Wardhani Sutjidra mewakili Penjabat Ketua TP PKK Buleleng Ny. Paramita Lihadnyana, diterima Ketua TP PKK Desa Panji Ni Made Ari Cahyanti bersama para pengurus da kadernya. Jenis bibit tanaman itu seperti jenis jambu, cabai siap panen, jahe merah, dan beberapa jenis tanaman obat keluarga (toga).

Sekretaris TP PKK Buleleng Ny. Wardhani Sutjidra menyebutkan, gerakan menanam tanaman produktif memanfaatkan lahan pekarangan rumah ini adalah salah satu program unggulan yang digulirkan TP PKK Buleleng. Program ini sendiri bersamaan dengan pengenalan “Aku Hatinya PKK”.

Bukan saja untuk menambah vegetasi tanaman di pekarangan dalam rangka menjaga sirkulaasi udara, tetapi penanaman ini dimaksudkan agar lahan pekarangan menjadi sumber pangan keluarga itu sendiri. Sebab, dari bibit tanaman terung, cabai, bahan-bahan bumbu, sampai tanaman obat keluarga (toga), bisa memenuhi kebutuhan keluarga itu sendiri. Dengan prodksi itu, otomatis kebutuhan pangan bisa dipenuhi tanpa harus tergantung harus mendapatkan dengan cara membeli di pasar-pasar tradisional atau pasar moderen. “Jadi setiap bibit tanaman ini saya harap bisa dipeliara, sehingga mendatangkan hasil yang diharapkan, di mana bisa memnhi pangan keluarga dan lingkungan pekarangan menjadi asri dan sehat,” katanya.

Selain menyerahkan bantuan bibit tanaman, rombongan TP PKK Buleleng juga mengunjungi salah satu rumah contoh kader TP PKK Panji yang telah memanfaatkan pekarangan menjadi sumber pangan keluarga. Dari kunjungan ini, diharapkan kader PKK desa yang lain bisa tergugah dan mau untuk menanam, sehingga pekarangan benar-benar menghasilkan untuk kebutuhan keluarga itu sendiri.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Panji Ni Made Ari Cahyanti berterimakasih setelah pihkanya menerima bantuan bibit tanaman dari TP PKK Buleleng. Belakangan ini, kader PPK Desa Panji telah banyak yang berhasil menyulap pekarangan menajdi sumber pangan keluarga. Untuk itu, dengan program TP PKK Buleleng yang kembali menggelorakan semangat menanam ini, pihkanya berjanji akan menindaklanjuti dan melaksanakan program tersebut bersama para kader PKK di bawah. “Kami berterimakasih atas bantuan bibit tanaman ini.  Sebelum ini kader kami sudah ada yang berhasil untuk mengolah pekarangan jadi sumber pangan, dan ini akan kami terus gelorakan, sehingga akan ada rumah contoh lain yang memanfaatkan pekarangan rumah kebun pangan keluarga,” katanya. (humas pemdes panji)

Komentar atas KADER TP PKK DESA PANJI TERIMA BANTUAN BIBIT TANAMAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar