SOSIALISASI AKSES REFORMA AGRARIA TAHUN II DI DESA PANJI

Administrator 10 Juli 2023 10:12:17 WITA

Desa Panji Kecamatan Sukasada dipilih sebagai lokasi Sosialisasi Akses Reforma Agraria Tahun II oleh Badan Pertanahan Nasional Kantor Pertanahan Buleleng. Sosialisasi pada Jumat (7/7/2023 yang lalu itu dihadiri Perbekel Desa Panji, Jro Mangku Made Ariawan. Peserta sosilisasi diantaranya pengurus Badan Usaha Desa (BUMDes) Bhuana Utama dan pengurus Kelompok Wanita Tani (KWT) Kayu Sugih, dan para tokoh masyarakat (tomas) di lingkungan Desa Panji.

Perbekel Desa Panji, Jro Mangku Made Ariawan dalam sambutannya menyambut positif dengan digelarnya sosialsiasi ini. Paslanya, lewat sosialisasi seperti ini, pengurus lembaga keuangan dan penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desanya dapat memahami dengan baik terkait reformasi agraria itu sendiri. Pemerintah Desa (Pemdes) akan memberi pendampingan dalam rangka penataan kelembagaan memiliki tujan untuk memberikan pemahaman terkait dengan pengolahan, pemasaran dan peningkatan sdm kelembagaan. “Kami menyambut baik dengan sosialsiasi di desa kita, sehingga penggiat UMKM dan masyarakat umum lain bisa mengerti terkait reforma agraria sehingga bisa meningkatkan pengelolaan kelembagaanya,” katanya.

Di sisi lain Perbekel Desa Panji, Jro Mangku Made Ariawan menyebutkan, setelah reformasi agraria inidifahami dengan benar, maka setiap penggiat UMKM, KWT dan masyarakat umum lainnya bisa memanfaatkan bukti kepemilikan atas tanah atau bangunan dan aset lain bisa dikelola dengan baik. Ini seperti digunakan sebagai agunan dalam mendapatkan kredit sebagai modal usaha. “Kita akan bina KWT dan lembaga keuangan lain, sebab ini menjadi satu sentral ekonomi. Nah setelah ini bagus, maka bagaimana bukti kepemilikan atas aset itu bisa pergunaan dijadukan modal usaha,” tegas mantan Anggota DPRD Buleleng ini. (humas pemdes panji)

Komentar atas SOSIALISASI AKSES REFORMA AGRARIA TAHUN II DI DESA PANJI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar