PENGGIAT UMKM DAN WISATA DESA PANJI IKUTI PENGUATAN KOMPETENSI

Administrator 23 Mei 2023 10:41:55 WITA

Sejumlah penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pariwisata di Desa Panji, Kecamatan Sukasada mengikuti penguatan komptensi, Selasa (23/5), di aula kantor Perbekel Desa Panji. Kegiatan ini digelar Bagian Kesejahtraan Sosial (Kesra) Setda Buleleng melalui program penguatan kompetenai maayarakat bidang kepemudaan, olahraga, dan pariwisata. Pada kegiaatan hari kedua, menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata (Dispar), Dinaa Perdagangan Perinduatrian Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) dan Dinas Komunikasi informatika Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng.

Perbekel Desa Panji, Kecamatan Sukasada Jro Mangku Made Ariawan mengatakan, potensi pariwisata dan UMKM di Desa Panji belakangan ini berkembang cukup baik. Ini terbukti dengan beberapa, obyek wisata yang ada seperti wisata alam, wisata sejarah, warisan budaya dan wisata air telah banyak menerima kunjungan wisatawan terutama wisatawan lokal. Demikian juga produk UKM seperti pengolahan daur ulang sampah plastik dan produk kulineral dengan brand produk "panji herbal" telah berkembang dan mendatangkan keuntungan bagi penggiatnya sendiri. "Kami punya obyek wisata alam dan kawasan hutan lindung ada ranggon kedu, tembuku paras, dan padi organik dan kulner dendeng babi asap, dan produk panji herbal lain dan potensi ini tengah berkembang baik," katanya.

Dengan penguatan kompetensi ini, Perbekel Mangku Ariawan menilai, hal ini sangat positif. Sebab, dengan cara ini penggiat UMKM dan pariwisata desa bisa meningkatkan kinerja sumberdaya manusia (SDM). Salah satunya adalah pemasaran dengan dengan mengarah pada basis digital. Selain itu, lewat penguatan komptensi ini, peserta bisa menyampaikan persoalan yang sedang dihadapi dan langsung akan ditindaklanjuti melalui instanasi teknis yang membidangi. "Bagaimanapun lewat penguatan komptensi ini, sehingga penggiat UMKM dan penggiat desa wisata di desa,kami bisa memanfaatkan dan mencsri jalan keluar kendala yang dihadapi," tegasnya. (humas pemdes panji)

Komentar atas PENGGIAT UMKM DAN WISATA DESA PANJI IKUTI PENGUATAN KOMPETENSI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar