MENCEGAH VIRUS CORONA

Administrator 16 Maret 2020 11:00:47 WITA

            Virus COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan Virus Corona sudah mulai menyebar di daerah Buleleng. Sehubungan dengan pelaksanaan belajar mengajar dan memperhatikan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Desease (COVID-19) dan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 09/Satgas Covid19/III/2020 tentang pelaksanaan pembelajaran di rumah pada Satuan Pendidikan, maka Bapak Bupati Buleleng memberikan surat Edaran nomor 420/990/PEM/III/2020, kepada para Kepala SD/MI sederajat, para Kepala SMP/MTs sederajat, para Kepala PAUD sederajat, Kepala SKB, dan para Kepala PKBM di Kabupaten Buleleng, disampaikan sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan Ujian Tengah Semestar (UTS) yang direncanakan bulan Maret ini ditunda sampai pengumuman lebih lanjut.
  2. Proses belajar mengajar bagi siswa siswi ditingkat PAUD, SD, SMP (sederajat), SKB dan PKBM se-Kabupaten Buleleng dilaksanakan dari rumah secarang daring / Online.
  3. Kebijakan ini berlaku selama 14 (empat belas) hari dari tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 30 Maret 2020, dan akan dievaluasi kembali lebih lanjut.

 

Menanggapi berita yang beredar ini, untuk mencegah infeksi  Virus Covid-19 ini Pemerintah Desa Panji menghimbau warga Desa Panji untuk memberlakukan gaya hidup sehat antara lain :

  1. Mencuci Tangan Dengan Benar Dan Teratur

Cucilah tangan dengan benar dan teratur menggunakan sabun cuci tangan dan air atau cairan berbasis alkohol (Hand Sanitizer) karena mencuci tangan dengan sabun dan air atau dengan cairan berbasis alkohol dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

  1. Menggunakan Masker

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

  1. Jaga Jarak

Jaga jarak setidaknya 1 meter antara Anda dengan siapa saja yang batuk atau bersin. Karena ketika seseorang bersin atau batuk, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil yang mungkin mengandung virus dari hidung atau mulut. Jika Anda terlalu dekat dengan orang yang bersin atau batuk, Anda bisa menghirup tetesan cairan itu, termasuk virus penyebab Covid-19.

  1. Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

Tangan menyentuh banyak permukaan, dan di sana kemungkinan juga ada virus. Jika terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Dari sana, virus masuk ke tubuh dan bisa membuat sakit.

  1. Jika Mengalami Demam, Batuk, Dan Kesulitan Bernapas, Cari Perawatan Medis Sejak Dini

Jika Anda merasa tidak sehat, tetaplah di rumah. Jika Anda mengalami demam, batuk, atau sulit bernapas, segera cari bantuan medis. Jangan lupa ikuti arahan otoritas kesehatan setempat. Untuk diketahui, otoritas nasional dan lokal selalu memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat.

  1. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus

Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut

Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.

  1. Hindari Bepergian Ke Tempat-Tempat Umum Yang Ramai Pengunjung.

 

              Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Namun Secara umum Gejala Virus COVID-19 (Virus Corona) yaitu Demam (suhu tubuh diatas 38° Celcius), Batuk dan Sesak Napas. Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

              Segera ke dokter bila Anda mengalami gejala infeksi virus Corona (COVID-19) seperti yang disebutkan di atas, terutama jika gejala muncul 2 minggu setelah kembali dari daerah yang memiliki kasus COVID-19 atau berinteraksi dengan penderita infeksi virus Corona. Orang yang dicurigai terinfeksi virus Corona harus segera dibawa ke IGD rumah sakit terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.

Komentar atas MENCEGAH VIRUS CORONA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar