DISTAN BULELENG KEMBALI GULIRKAN VAKSIN PMK di DESA PANJI

Administrator 06 November 2023 10:51:30 WITA

Penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang pada sapi belakangan ini sudah terkendali. Sejak virus ini menyebar, kasus menonjol penyebaran virus ini tidak sampai ditemukan khususnya di Desa Panji, Kecamatan Sukasada.

Kendati demikian, Dinas Pertanian (Distan) Buleleng tak berdiam diri. Upaya untuk mencegah jangan sampai virus berbahaya ini menyebar, Senin (6/11/2023) Distan Bleleng kembali menggulirkan vaksin PMK di Desa Panji. Vaksin ini dilaksanakan di Banjar Dinas (BD) Dangin Pura dan BD Mandul.

Pelakssanaan vaksin di BD Dangin Pura, petugas vaksinator didampingi KBD Dangin Pura Nyoman Sudarma Tirta, mewakili Perbekel Panji, Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par.M.B.A.,.

KBD Dangin Pura Sudarma Tirta mengatakan, vaksin PMK yang digelar di wilayahnya itu merupakan tahap ke tiga (3), sejak virus PMK merebak. Berdasarkan data yang ada, peternak sapi di BD Dangin Pura sendiri tercatat lebih dari 100. Sejak virus PMK menyebar, sapi milik peternak tersebut belum ditemukan terinfeksi virus berbahaya tersebut. “Belum ditemukan ternak milik warga kami yang terjangkit, namun kami berterimakasih sudah dibantu oleh Distan Buleleng yang rutin melaksanakan vaksin PMK, seperti yang dilakukan hari ini, sehingga ternak diwilayah terlindungi, dan peternak sendiri tidak ada yang dirugikan,” katanya.

Sementara itu, petugas vaksinator saat melaksanakan tugasnya di lapangan tak saja menyuntik vaksin, tetapi petugas ini juga melaksanakan edukasi kepada peternak agar tetap waspada dengan kemungkinan viruss PMK akan kembali merebak. Untuk itu, peternak diingatkan untuk senantiasa menjaga sanitasi dan kebersihan kandang ternak. Selain itu, peternak diminta agar secepatnya melaporkan kepada petugas terdekat, kalau seandainya menemukan indikasi ternak yang mirip terjangkit virus PMK. (humas pemdes panji)  

Komentar atas DISTAN BULELENG KEMBALI GULIRKAN VAKSIN PMK di DESA PANJI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar