VAKSIN ANJING RABIES DI DESA PANJI

Administrator 30 Oktober 2023 13:20:25 WITA

Pencegahan kasus gigitan anjing rabies kembali digencarkan. Buktinya, Senin (30/10/2023) tim vaksinator Dinas Pertanian (Distan) Buleleng melaksanakan vaksinasi anjing di Desa Panji, Kecamatan Sukasada.

Vaksinasi di Desa Panji ini menyasar tiga Banjar Dinas (BD) yaitu, BD Babakan, Bangah, dan BD Dauh Pura. Dari vaksiansi ini, puluhan ekor anjing dan hewan penular rabies (HPR) lainnya berhasil di-suntik vaksin.

Pantauan di lapangan, petugas vaksinator didampingi para kelian banjar dinas (KBD) menyasar rumah-rumah penduduk untuk menemukan anjing milik warga untuk di-vaksin. Dari tiga wilayah yang “disasar” pada vaksinasi kali ini, petugas vaksinator kesulitan menangkap anjing milik warga. Ini karena, anjing diliarkan (tidak diikat) sehingga tim vaksinator kesulitan menangkap anjing itu sendiri. Atas kendala ini, tim vaksinator terpaksa menyuntikan vaksin dengan cara ditembak.

Di sela-sela vaksiansi itu, tim vaksinator juga melakukan edukasi dan menyadarkan warga untuk tetap waspada dengan penularan anjing rabies lewat gigitan anjing liar. Untuk itu, warga diingatkan agar anjing dan HPR lainnya wajib untuk di-vaksin. Selain itu, prilaku memlihara anjing dan HPR lainnya harus ditngkatkan dengan cara mengandangkan atau mengikat, sehinga tidak menimbulkan potensi gigitan anjing rabies. Dan ketika terjadi gigitan, maka tim vaksinator akan memudahkan untuk melakukan observasi dan meneliti apakah anjing yang berssangkutan menularkan virus rabies atau sebaliknya. (humas pemdes panji)

Komentar atas VAKSIN ANJING RABIES DI DESA PANJI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar