KESRA BULELENG MONEV ORGANISASI PEMUDA, PARIWISATA DAN UMKM DESA PANJI

Administrator 18 September 2023 12:52:51 WITA

Bagian Kesejahtraan Sosil (Kesra) Setda Buleleng melaksanakan monitoring dan eveluasi (Monev) kelembagaan kepemudaan, olahragam pariwisata dan Usaha MIkro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Panji, Kecamatan Sukasada Senin (18/9/2023). Desa Panji dipilih mewakili desa/ kelurahan di Kecamatan Sukasada.

Monev ini dihadiri Sekretaris Tim Pembina Kelembagaan yang juga Analis Kebijakan Kesra Setda Buleleng Gede Mangku Mertayasa. Monev dibuka Perbekel Desa Panji, Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T. Par. M.B.A., bersama Sekretaris Desa (Sekdes) Komang Nastika, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Panji Ni Made Ari Cahyanti, Ketua Karang Taruna Wayan Ganesa, Ketua Perstuan Olahraga Panji (PORPI) dan para Kelian Banjar Dinas (KBD).

Sekretaris Tim Pembina Kelembagaan Mangku Mertayasa mengatakan, alas an melakukan monev di Desa Panji tidak lepas karena perkembangan kelembagaan seperti karang taruna, Sekaa Truna Truni (STT), Olahraga, dan Pariwisata Desa menunjukkan perkembangan ayng begitu pesat. Bahkan, banyak mencitpakan atlet berprestasi. Pertimbangan lain adalah, perkembangan pariwisata dan Usaha MIkro Kecil dan Menengah (UMKM) telah dikenal tak hanya sekala local namun sudah merambah ke luar daerah. “Tadinya kami kesulitan memilih desa untuk di-monev, namun setelah mencari referensi, ternyata di Desa Panji ini perkembangan kelembagaaan, pemuda, olahraga, dan pariwisata dikenal dan menunjukan hasil positif, sehingga Desa Panji satu-satunya “sasaran” monev dari tim pembina di kabupaten,” katanya.

Menurut Mangku Mertayasa, monev ini untuk mendapatkan data teknis menyangkut legalisasi kelembagaan, program kegiatan, dan aspirasi yang bisa difasilitasi oleh Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di kabupaten. “Dari monev dan dikusi terbetas ini, kami sudah mendapat data awal dan juga apsirasi untuk kami beirtaacarakan dan dikomunikasikan kepada OPD di kabupaten yang membidangi,” jelasnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Panji, Jro Mangku MD Ariawan menyambut positif setelah desanya dipilih untuk mengikuti monev kelembagaan kepemudaan, olahraga, dan pariwisata. Kelembagaan pemuda di desanya sendiri telah tumbuh dan berkembang dengan baik. Ini seperti geliat Karang Taruna Panji yang telah memiliki agenda rutin dalam melaksanakan pembinaan dan telah sukses menggulirkan garapan festival se Desa Panji. Demikian juga bidang olahraga, di mana di desanya telah ada Lembaga PORPI yang telah menghasilkan bibit-bibit atlet berpretasi. Khususnya bidang olahraga sejauh ini telah berkembang sebanyak 7 cabang olahraga, diantaranya Volly, Sepak Bola, Futsal, Bulu Tangkis, Karate, dan Tarung Drajat.

Yang tidak kalah pentingnya lagi, pengembangan pariwisata desa telah membawa Desa Panji sebagai destinasi wisata desa yang menonjolkan wisata alam, spiritual, Sejarah, dan edukasi lingkungan. Ini didukung dengan pengembangan UMKM baik yang menghasilkan produk dan olahana bahan pangan sudah banyak dikenal, sehingga ini memberi penghasilan tambahan kepada para penekunnya. “Kami berterimakasih karena kita mendapat perhatian serius dari kabupaten dalam bidang pemuda, olahraga, pariwisata dan UMKM, dan kami yakin setelah monev ini akan ada tindaklanjut untuk membantu kita dalam mengembangkan kelembagaan di desa untuk lebih baik lagi,” jelasnya.

Sementara itu dari monev ini mengemuka beberapa aspirasi diantaranya perlu pendampingan dalam meningkatkan kinerja sumberdaya manusia (SDM) dan usulan untuk mendapat anggaran. Ini seperti bidang keolahrgaaan, karang taruna, dan pembinaan dalam penguasaan bidang teknologi pangan dan pengolahan produk UMKM. (humas pemdes panji)

Komentar atas KESRA BULELENG MONEV ORGANISASI PEMUDA, PARIWISATA DAN UMKM DESA PANJI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar