SOSIALISASI PENGEMBANGBIAKAN NYAMUK WALBACHIA UNTUK MENANGKAL DEMAM BERDARAH

Administrator 14 September 2023 09:17:41 WITA

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Surya Bhuana Desa Panji Kecamatan Sukasada melaksanakan sosialisasi relawan menjadi peternak nyamuk Aedes Aigypty mengandung bakteri walbachia Rabu (13/9/2023) di Balai Banjar Babakan. Sosialisasi ini dilaksanakan dua petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Buleleng. Hadir pada sosialisasi Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Gede Ardana didampingi Kelian Banjar Dinas (KBD) Babakan Komang Sudika dan calon kader pengembangbiakan nyamuk desa panji. 

Peserta sosialisasi berasal dari 3 Ketua RT (RT-05/RT Kamboja, RT-06/Panji Asri dan RT-07/RT Cempaka). 

Kasi Pemerintahan Gede Redana mengatakan, sosialisasi ini untuk menyampaikan lingkungan BTN Panji Asri dan sekitarnya termasuk wilayah padat penduduk menjadi target pemetaan dinkes menjadi sentra uji coba pengembangbiakan nyamuk Aedes Aigypti yang disisipi bakteri walbachia atau yang selanjutnya disebut dengan nyamuk walbachia. 

Ada 55 desa di Bali termasuk Desa Panji akan mendapat sosialisasi dan menjadi target pengembangbiakan nyamuk walbachia. "Program ini adalah program kesehatan pemerintah pusat dalam rangka menekan penyebaran penyakit malaria dan deman berdarah di Indonesia khususnya di Provinsi Bali," katanya. 

Program ini pertama kali dikembangkan pemerintah Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Australia. Uji coba menekan penyebaran penyakit demam beradarah pertama kali diuji coba dilakukan di Yogyakarta dan Seleman. Hasilnya telah menunjukan keberhasilan sebesar 70 persen lebih penderita penyakit deman berdarah dapat ditekan.

Di samping itu, lewat program ini pemerintah mengedukasi masyarakat agar siap sebagai induk semang tempat membiakan nyamuk walbachia sekaligus bisa sebagai relawan. Proses pengembangbiakan nyamuk sudah diploting dari pusat atas kotak-kotak wilayah yang mana setiap kotak itu berukuran 50 x 50 m2. Nanti setiap kotak akan dipilih 1 rumah untuk dijadikan tempat induk semang pengembangbiakan nyamuk walbachia. Program berternak nyamuk walbachia berlangsung mulai dari bulan September sampai dengan bulan April tahun depan. Harapan dari petugas Dinas Kesehatan Buleleng program ini dapat berjalan tuntas dan sukses di wilayah Desa Panji sehingga Desa Panji bebas dari penyakit malaria dan demam berdarah, Astungkara berhasil. Ayo mari kita sukseskan program beternak nyamuk walbachia guna membebaskan warga kita dari penyakit demam berdarah. (humas pemdes panji)

Komentar atas SOSIALISASI PENGEMBANGBIAKAN NYAMUK WALBACHIA UNTUK MENANGKAL DEMAM BERDARAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar