DESA ADAT PANJI GELAR PIODALAN DI PURA BUKIT

Administrator 30 Agustus 2023 11:51:16 WITA

Krama Desa Adat Panji, Kecamatan Sukasada, melaksanakan Piodalan di Pura Bukit, Rabu (30/8/2023). Prosesi piodalan digelar mulai pagi hari dan dijadwalkan berakhir (mesineb) Kamis (31/8/2023).

Pada piodalan kali ini dihadiri Perbekel Panji Jro Mangku MD Ariawan, S.S.T.Par.M.B.A., didampingi Kelian Desa Adat Panji Gusti Ketut Susila Dharma. Sementara prosesi piodalan dipuput oleh Krama Pengempon Pura Bukit di Banjar Adat Mekarsari.

Sebelum menampak ke areal Pura, krama desa berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Medan jalan ini pun sedikit menanjak karena seauai nama, Pura Bukit berda di ketinggian. Meski melintaai medan menanjak, namun ini tidak menyurutkan semangat krama melaksanakan persembahyangan. Sebaliknya krama desa dengan antusias menunaikan rasa Bhakti ke hadapan Ida Bhatara.

Kelian Desa Adat Panji Gusti Ketut Susila Dharma menjelaskan, piodalan ini sudah menjadi tradisi yang rutin digelar sesuai dresta yang berlaluku di Desa Adat Panji. Di mana, tujuan piodalan adalah memohon tuntunan dan kerahayuan jagat kepada Ida Bhatara yang berstana di Pura Bukit.

Sesuai dresta yang diwarisi, Pura Bukit ditetapkan sebagai Pura Khayangan Desa. Piodalan rutin ini ditetapkan jatuh setiap Purnama Sasih ke Tiga (3). "Jadi hari ini kami melaksanakan piodalan ini sebagai wujud bhakti krama desa lepada Ida Bhatara yang telah memberi tuntunan dan kerahayuan, jagat, sehingga seluruh sarana dan biaya pelaksanaan piodalan kami kerjakan oleh krama," katanya. (humas pemdes panji)

Komentar atas DESA ADAT PANJI GELAR PIODALAN DI PURA BUKIT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar