KKN UNUD DI PANJI BERAKHIR, SUKSES JALANKAN 12 PROGRAM

Administrator 29 Agustus 2023 11:50:34 WITA

Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Udayana (UNUD) di Desa Panji Kecamatan Sukasada resmsi berkahir, Selasa (29/8/2023). Selama masa KKN, sebanyak 16 mahasiwa ini sukses menjalankan 12 program meliputi, program pokok, pokok non tema, dan program bantu. Dari penilaian, KKN UNUD di Desa Panji menduduki pringkat pertama dengan rata-rata nilai 9,5.
Sebelum mengakhiri kgiatannya, para mahasiswa ini melaksanakan upacara pelepasan di aula kantor Perbekel Desa Panji. Acara ini dihadiri, Perbekel Jro Mangku MD Ariawan, S.ST.Par.M.B.A, Sekretaris Desa (Sekdes) Komang Nastika, dan dosen pembingbing lapangan, A.A. Oka Yudistra Darmadi.
Koordinator KKN, Gede Ngurah Abdi Radita mengatakan, selama masa KKN pihkanya melaksanakan sebanyak 12 program yang terdiri dari, bidang fisik, produksi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sosial budaya (sosbud), dan program bidang kemasyarakatan.
Untu program fisik diwujudkan dengan membuat rambu-rambu jalan di obyek wisata di Desa Panji. Memasang tempat sampah, dan melaksanakan pembersihan saluran darinase di wilayah Desa Panji. Kemudian, bidang produksi UMKM, pihkanya telah membantu merancang desain pemasaran digital terhadap produk UMKM Panji, dan memfasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk produk Dending Babi Asap yang satu-satunya hanya ada di Desa Panji. Disamping itu, mahasiswa juga membantu Desa Panji dalam menyusun video promosi wisata.
Kemudian bidang sosial budaya, selama KKN mahasiswa mengajar Bahasa Indonesia dan Sastra Bali dengan menyasar kelompok belajar English for Bali di Banjar Dinas Bangah. Lalu, untuk bidang kesehatan, selama KKN, mahasiswa membuka posko pemeriksaan kesehatan secara gratis. “Berkat dukungan dan selama kami di Panji diterima dengan baik, sehingga 12 program ini bisa berjalan dengan baik, kemudian harapannya bisa membatu jajaran pemerintah desa (pemdes) dalam menjalankan kebijakan pembangunan,” katanya.
Dosen Pembingbing Lapangan, Oka Yudistra Darmadi mengatakan, dari hasil penilaian mahasiswa yang melaksanakan KKN di Desa Panji menunjukan nilai yang membanggakan. Bktinya, rata-rata nilai dipeorleh dari seluruh kegiatan selama KKN< mahasiswa mendapatkan rata-rata nilai 9,5. Dengan prolehan nilai ini, menunjukkan bahwa mahasiwanya telah sunguh-sungguh melaksanakan seluruh materi KKN. Namun begitu, yang lebih penting lagi adalah, 12 program yang telah digulirkan itu dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di Desa Panji. “Mudah-mudahan dengan pengalaman KKN mahasiswa kami tahun ini dengan nilai tertinggi, dan menjadikan kami kedepan akan membawa lagi program di lembaga kami untuk diapliaksikan di Desa Panji,” katanya.
Sementara itu, Perbekel MD Ariawan didampingi Sekdes Komang Nastika mengucapkan terimakasih setelah mahasiswa KKN UNUD sukses menjalankan 12 program kerjanya di Desa Panji. Dari hasil pengamatan di lapangan dan penilaian yang diproleh, pihkanya berharap tahun-tahun berikutnya UNUD bisa kembali melaksanakan KKN di desanya. Ini karena, bagaimanapun peran dari pihak ketiga seperti dari lembaga akademisi ini sangat diharapkan untuk membantu dalam menjalankan roda pemerintahan di Desa Panji. “Kami harap tahun berikutnya lebih banyak lagi yang datang, sebab kami membutuhkan lebih banyak lagi pihak ketiga untuk membantu kami dalam melaksanakan pembangunan, seperti dalam waktu dekat desa kami ditunjuk untuk melaksanakan penanaman sekitar 60 ribu pohon di hutang lindung, sehingga dukungan kalangan akademisi sangat kami butuhkan,” jelasnya. (humas pemdes panji)

Komentar atas KKN UNUD DI PANJI BERAKHIR, SUKSES JALANKAN 12 PROGRAM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar