Melaspas dan Piodalan di Balai Banjar Dinas Mandul, Hidupkan Kembali Tradisi “Mangkon”

Administrator 18 Juli 2019 10:08:41 WITA

              Melaspas dan Piodalan di Balai Banjar Dinas Mandul, Hidupkan Kembali Tradisi “Mangkon”Setelah rampung pengerjaan penyengker di Balai Banjar Dinas Mandul, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng, dilanjutkan dengan prosesi pamelaspas dan juga piodalan yang jatuh pada purnama kasa Selasa (17/7). Ada yang unik dalam upacara melaspas dan piodalan dimalam harinya, yaitu kembali dihidupkannya tradisi “Mangkon” atau yang juga bisa disebut “Megibung”. Hadir juga dalam upacara Kepala Desa Panji bersama perangkat desa, BPD, Kelian Desa Adat Pakraman Panji, Parisada, Para Pinandita, BUMDes, dan seluruh warga Banjar Dinas Mandul.

               Kelian Bajar Dinas Mandul Dewa Putu Darma Sujati mengatakan upacara melaspas dan piodalan merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan setelah pembangunan dirampungkan. Selain itu, ia juga mencoba kembali mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali tradisi “Mangkon” sebagai simbol kebersamaan. “Lewat tradisi ini kita mencoba mengajak masyarakat untuk berbaur bersama tanpa ada batasan dan menjungjung tinggi kebersamaan atau gotong royong,” ungkap Dewa Putu Darma Sujati disela-sela kegiatan Selasa (17/7) malam.

                Dalam prosesi “Mangkon”, para undangan juga dilibatkan bersama masyarakat untuk bersama-sama menikmati. “Saya selaku Kelian Banjar Dinas Mandul, sangat berterima kasih kepada semua para donatur baik dari masyarakat dan juga pihak ke tiga. Sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar. Kepada masyarakat semuanya, saya sangat berterima kasih,” pungkasnya.

Komentar atas Melaspas dan Piodalan di Balai Banjar Dinas Mandul, Hidupkan Kembali Tradisi “Mangkon”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar