PEMDES PANJI IKUTI PERSEMBAHYANGAN DI PURA PENYAWANGAN PUNCAK LANDEP

Administrator 19 Mei 2023 11:28:46 WITA

Pemerintah Desa (Pemdes) Panji, Kecamatan Sukasada melaksanakan persembahyangan di Pura Penyawangan Puncak Landep, Rabu (17/5). Pesembahyangan ini dipimpin Perbekel Desa Panji Jro Mangku Made Ariawan didampingi Sekretaris Desa (Sekdes) Komang Nastika, bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Panji Ni Made Ari Cahyani. Persembahyangan ini bersamaan dengan piodalan rutin di pura yang konon ditemukan pada masa Kerajaan Buleleng dipimpin Raja Buleleng Anglurah Panji Sakti. Persembahayangan juga diikuti perwakilan krama subak Desa Panji. Persembahyangan dipuput Pemangku Pura Penyawangan Puncak Landep, Jro Mangku Putu Purna.

Perbekel Dsa Panji Jro Mangku Made Ariawan mengatakan, persembahyangan ini adalah bentuk bakti dan sekaligus memohon tuntunan dan kerahayuan kepada Ida Batara Anglurah Panji Sakti. Ini penting karena bagaimanapun berkat tuntutanan Ida Batara, Desa Panji memiliki kawasan hulu (selatan-red) yang sangat disucikan. Di samping itu, kawasan ini menjadi salah satu sumber mata air tak saja dimanfaatkan warga Desa Panji, tetapi di Buleleng secara umum bisa menikmati cakupan air, baik untuk minum kebutuhan sehari-hari, dan juga untuk irigasi pertanian. "Hari ini kita ngaturang bakti untuk memohon kerahayuan dan tuntutanan Ida Batara, karena kawasan Puncak Landep ini ulunya Panji dan sekaligus sumber air bersih  bukan saja untuk Panji tapi berkontribusi untuk Buleleng," katanya.

Mantan anggota DPRD Buleleng ini menambhakan, berdassrkan refrensi dan sumber pendukung lain, Pura Panyawangan Puncak Landep ini ditemukan Raja Buleleng Anglurah Panji Sakti pada tahun 1604 silam. Sejak ditemukan sampai sekarang, kawasan pura ini berbentuk Palinggih Turus Lumbung. Posisi pura ini sendiri berada pada puncak bukit di kawasan hutan lindung Desa Panji. Karena jalannya sulit, sehingga dibuatkan penyawangan. Posisi pura penyawangan persis berada di bawah bukit perbatasan Desa Panji dengan Desa Tegallinggah. Kendati tidak dibangun permanen dan belum ditetakan krama pengempon, namun keberadaan pura penyawangan ini "memperkaya" aset sejarah di Dsa Panji yang harus tetap dijaga kelestariannya. "Kami rutin melaksanakan penanaman bibit pohon di kawasan ini,s eperti saat persembahyangan ini kami tanam bibit Pohon Kererek yang memang endemis di kawasan hutan yang sangat kita sucikan ini," tegasnya.

Di sisi lain, Perebekel Ariawan mengajak, semua pihak untuk berpartisipasi merawat keberadaan pura dan kelestarian Hutan Puncak Landep yang menjadi sumber mata air baik untuk air minum dan kelangsungan pertanian sawah dan perkebunan. Salah satu kepedulian yang perlu dilakukan adalah dengan berparrtisipasi melakukan penanaman pohon, sehingga vegetasi tanaman di kawasan hutan ini tetap terjaga. "Karena dari sejak ditemukan memang tidak ada krama pengempon tidak ada, namun pada masa Ida Batara memimpin Buleleng menugaskan krama subak yang tinggal di perbatasan desa itu menjaga termasuk melaksanakan persembahayangan seperrti yang dilakukan saat ini dan itu murni sebagai bentuk bakti krama atas tuntunan Ida Batara Ki. Anglurah Panji Sakti," tegasnya. (pemdes panji) 

Komentar atas PEMDES PANJI IKUTI PERSEMBAHYANGAN DI PURA PENYAWANGAN PUNCAK LANDEP

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi PANJI

tampilkan dalam peta lebih besar